UNS Rajai Lomba Kearsipan PTN Nasional

UNS kembali membukukan prestasinya. Kini, universitas berusia lebih dari tiga dasawarsa ini menjadi juara I untuk kali pertama sepanjang sejarah berdirinya UNS pada ajang Lomba Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu silam.

“Tanggal 28 Desember 2012 kemarin, UNS meraih juara I Nasional Lomba Kearsipan terbaik di lingkungan PTN. Juara II diarih oleh UI, sedangkan juara III IPB. Kalau sudah seperti ini UNS harus pede (percaya diri), untuk maju dan bersaing dengan PTN lainnya,” tutur Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS., Rektor UNS, saat memberikan sambutan di Auditorium pada hari Rabu, 2 Januari 2013.

Secara terpisah, Arsiparis Bagian Tata Usaha Rumah Tangga Hukum Tata Laksana (TU, RT, HTL) UNS Yani Maryudiasti membenarkan kabar tersebut. Dia menerangkan, lomba yang digelar tahunan itu diikuti oleh seluruh PTN di Indonesia. Sebelumnya, UNS pernah meraih juara III pada tahun 2007 dan juara II pada 2011. Puncaknya pada tahun ini dengan menduduki juara I mengalahkan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Lomba ini diumumkan pada 28 Desember 2012 dan diikuti sekitar 26 PTN se-Indonesia. Adapun kriteria lomba di dalamnya mencakup unsur pembinaan, pengelolaan arsip, penyusutan arsip, hingga sarana dan prasarana,” ungkap Yani saat ditemui di Kantor Humas dan Kerjasama UNS pada hari Rabu, 2 Januari 2013.

Dijelaskan oleh Yani, lomba tersebut berlangsung dalam 2 tahap. Tahap pertama, berlangsung pada bulan September 2012 dengan tim dari Kemendikbud sebagai juri. Kemudian, untuk melanjutkan ke tahap dua, dipilih sebanyak 6 peserta terbaik. UNS sendiri yang dinilai oleh tim juri tidak hanya pusat arsip saja. Tetapi juga beberapa fakultas lain, diantaranya: F. Hukum, F. Sastra dan SR. F. Teknik, dan F. Ekonomi. Dipilihnya empat fakultas tersebut, karena di UNS baru empat fakultas tersebut yang sudah memiliki ruang arsip dan sudah melakukan pengolahan arsip.

Perlombaan juga menilai sistem komputerisasi arsip. Pusat Arsip UNS belum lama ini telah meluncurkan laman resmi dengan domain http://www.arsip.uns.ac.id pada 29 November 2012 lalu. Sebelumnya, Pusat Arsip mengelola arsip secara manual. “Hingga saat ini ada 36 arsiparis yang tersebar di fakultas dan unit kerja yang ada di UNS,” terangnya.

Yani menargetkan pada tahun 2013 ini semua unit yang ada di UNS memiliki sistem pengelolaan arsip. Pasalnya, jika penanganan arsip itu tidak segera dilakukan, dikhawatirkan jati diri kampus bisa hilang.

Saat disinggung mengenai manfaat arsip, Yani memaparkan, arsip memiliki banyak manfaat, seperti: menjadi data penelitian, mendukung pembuatan kebijakan di kampus, dan sebagainya.   [red.uns.ac.id]