UNS Terima Bantuan Buku dari Jepang

Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima bantuan berupa 150 judul buku dari Kokushikan University, Jepang.Bantuan itu diserahkan langsung secara simbolis oleh Presiden Kokushikan University Nobuyuki Miura kepada Rektor UNS Ravik Karsidi, Senin (23/12).

Rektor menuturkan, ia berharap bantuan buku dari Kokushikan University akan berlanjut pada tahun-tahun mendatang. Sebab, UNS berencana mengembangkan perpustakaan baru dengan tujuh lantai tahun depan. “Jadi bantuan buku dari Kokushikan ini sangat baik.Semoga tidak berhenti tahun ini,” kata Ravik.

Nobuyuki Miura pun menyambut baik harapan Rektor UNS. Ia menyatakan siap membantu UNS menambah koleksi bukunya setiap tahun. “Kami siap membantu UNS menambah koleksi bukunya setiap tahun,” ujar Nobuyuki.

Kepala International Office UNS Taufiq Al Makmun mengungkapkan, buku-buku berbahasa Inggris dan Jepang yang diberikan dominan berisi riset mengenai kebangkitan Asia pada abad XXI. “Bersama Kokushikan, kami sudah melakukan riset bersama mengenai batik dan kimono. November lalu Javanologi juga sudah presentasi di Kokushikan tentang arsitektur, budaya, keraton Jawa,” tutur Taufiq.

Menurut Taufiq, UNS juga bekerjasam dengan Kokushikan dalam hal beasiswa studi lanjut untuk para mahasiswa. Kerjasama akan ditingkatkan dengan supervisi bagi mahasiswa S-2 dari UNS. Sebab, supervisi dari Jepang bagi mahasiswa S-2 UNS baru dilakukan Gifu University dalam bidang pertanian.  [red-uns.ac.id]