Pendaftar SNMPTN UNS Tembus 48.211

Jumlah pendaftar yang memilih Universitas Sebelas Maret (UNS) pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga penutupan pada Senin (31/3) mencapai 48.211 pendaftar.Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berkisar di angka 42.000.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. mengungkapkan, dari jumlah pendaftar itu, sebanyak 25.680 pendaftar memilih UNS sebagai pilihan I dan sisanya sebanyak 22.531 pendaftar menetapkan UNS sebagai pilihan II.

Menurut Sutarno, empat program studi (prodi) yang paling diminati calon mahasiswa, antara lain: Manajemen dengan 4.422 pendaftar, Pendidikan Kedokteran diminati 3.438 pendaftar, Akuntansi 3.402 pendaftar, dan PGSD 3.341 pendaftar. “Paling tinggi Manajemen karena pendaftar lebih dari 4.000 orang.Sementara, kuota yang tersedia hanya 120 orang,” kata Sutarno, Selasa (1/4).

Kuota prodi Manajemen, lanjut Sutarno, tidak semuanya diberikan untuk jalur SNMPTN saja. Tetapi dibagi ke dalam tiga jalur yang ada, antara lain: SNMPTN dengan kuota 50 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 35 persen, dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dengan kuota 15 persen.

Dengan kuota tersebut, Manajemen menduduki prodi dengan tingkat keketatan paling tinggi.Pendaftar sebanyak 4.422 orang memperebutkan 60 kursi. Tingkat keketatan prodi Manajemen mencapai 1:74.

Selain itu, terdapat pula tiga prodi dengan peminat pas-pasan, antara lain: Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) sebanyak 49 pendaftar, Sastra Daerah sebanyak 38 orang, dan Seni Rupa Murni sebanyak 22 orang. Pendaftar itu dihitung berdasarkan pendaftar yang menetapkan prodi tersebut sebagai pilihan I. “Secara total jumlah pendaftar untuk PTB, Seni Rupa Murni, dan Sastra Daerah masih di atas rata-rata kuota. Karena itu baru yang memilih pilihan I. Kalau ditambah dengan pilihan II totalnya lebih dari 100 pendaftar di masing-masing prodi,” tutur Sutarno.  [red-uns.ac.id]