Kuota MahasiswaPT Bakal Naik 10%

Kuota mahasiswa di perguruan tinggi (PT) direncanakan meningkat 10 persen dari kuota existing.Penambahan kuota itu diberlakukan menyusul rencana pemerintah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PT.

APK merupakan jumlah warga negara Indonesia berusia 19-23 tahun yang telah mengakses pendidi kan tinggi. APK PT setiap tahun mengalami peningka tan. Tahun 2004, APK mencapai 14 persen dan meningkat tajam pada tahun 2012 mencapai 28 persen, tahun 2013 sebanyak 30 persen. Tahun 2014, pemerintah memprediksi APK bisa mencapai 32-33 persen.

Dengan demikian, pemerintah menargetkan APK pada tahun 2015 bisa menembus angka 35 persen. Bahkan, Indonesia diprediksi bisa menembus APK sekitar 60-70 persen pada tahun 2045 dari total penduduk berusia 19-23 tahun. “Kita targetkan tahun 2015 nanti mudah-mudahan bisa menyentuh angka 35 persen,” kata Nuh  saat ditemui wartawan di sela-sela jamuan makan malam Forum Rektor Indonesia (FRI) di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT),  Kamis (30/1).

Strategi lain yang bakal ditempuh pemerintah adalah dengan mendirikan PT baru. Didirikannya PT baru, menurut Nuh, tidak menjamin bahwa anak bisa mengenyam studi pendidikan tinggi.Masalah pembiayaan selama studi mahasiswa harus dicarikan solusi yang tepat.

Nuh menuturkan,sebagai solusinya, pemerintah telah menyiapkan paket beasiswa untuk membantu calon mahasiswa kurang mampu. Dengan begitu, para mahasiswa dari kalangan tidak mampu bisa menyelesaikan studi di PT tanpa terbebani biaya yang tinggi.“Dari situ kita berikan beasiswa PTN (perguruan tinggi negeri) itu minimal 20 persen harus dialokasiakn untuk anak-anak yang miskin,” tuturnya. [red-uns.ac.id]