DKV UNS Gelar Ekreaprener

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menggelar DKV Indonesia Ekreaprener pada 19-21 Oktober 2012 di Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jawa Tengah. Pada pertemuan itu akan menjadi semacam sharing pendapat antar perguruan tinggi yang memiliki prodi DKV se-Indonesia.

Ketua Panitia DKV Indonesia Ekreaprener Drs. Ahmad Adib, M.Hum., Ph.D. mengatakan, selama ini DKV memiliki berbagai kurikulum yang berbeda di setiap perguruan tinggi. Meski demikian, pertemuan ini tidak bermaksud untuk menyeragamkan kurikulum yang ada. Sebab, keberagaman kurikulum itu disesuaikan dengan potensi daerah atau kota masing-masing perguruan tinggi.

“DKV itu ada banyak. Kalo di ISI pasti ditonjolkan apek seninya. Kalo ITB pasti lebih condong ke teknologinya. Ada juga yang masuk ke Ilmu Komunikasi. Semua tergantung fokus potensi kota masing-masing,” ungkapnya kepada wartawan saat jumpa pers, pada hari Jumat, 28 September 2012 di Gedung Rektorat kampus setempat.

Adib berpendapat, perkembangan DKV di Indonesia harus diarahkan kepada ekonomi kreatif dan kewirausahaan yang selama ini dinilai belum optimal. Rencananya, pertemuan itu akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu serta puluhan perguruan tinggi se-Indonesia. Rangkaian kegiatan akan digelar meliputi: lokakarya kurikulum, seminar dan workshop penciptaan karya dan berwirausaha, pameran ekreaprener dan industri kreatif, city tour, dan beberapa kegiatan lainnya. (Tim Web UNS).