KSR PMI UNIT UNS Adakan Kegiatan Latihan Dan Pemantapan Anggota

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Sebelas Maret (KSR PMI Unit UNS) adalah wadah bagi mahasiswa UNS yang memiliki jiwa sosial. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini berada dijalur kepalangmerahan, sehingga para mahasiswa yang menjadi anggota harus memiliki kemampuan sesuai standar relawan KSR yang sudah ditetapkan. Para relawan harus mengerti dan memahami materi Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Kesehatan Remaja, Kesehatan dan Sanitasi, Manajemen Relawan, dan Manajemen Bencana.

Relawan KSR PMI Unit UNS harus disiapkan menjadi kader yang siap turun dalam kejadian tidak terduga seperti bencana dan kecelakaan serta selalu siap untuk melakukan tindakan-tindakan preventifnya. Sehingga, pendidikan menjadi hal yang tidak bisa dikesampingkan. Dalam manajemen relawan proses perekrutan relawan pun harus selalu diawali dengan pendidikan, karena menolong tidak hanya dibutuhkan niat saja tetapi juga kemampuan. Sistem pendidikan di KSR PMI Unit UNS melalui 2 tahap yaitu tahap pendidikan dan pelatihan dasar dan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pemantapan. Pelatihan dan pemantapanakan difokuskan dalam materi Manajemen Bencana. Mulai dari sebelum terjadi bencana, saat bencana terjadi dan setelah bencana.

Oleh sebab itu, diadakan Latihan dan Pemantapan Anggota Muda Angkatan XXI KSR PMI Unit UNS untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota muda angkatan XXI.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni 2012 dan 1 Juli 2012 bertempat di Desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Adapun tujuan kegiatan tersebut antara lain:

  1. Menetapkan anggota muda menjadi anggota penuh KSR PMI Unit UNS.
  2. Membentuk kader-kader yang siap diterjunkan dalam misi kemanusiaan dan inisiatif untuk berbuat.
  3. Memupuk loyalitas dan kebenaran orientasi dalam berorganisasi.
  4. Kaderisasi anggota KSR PMI Unit UNS.