Semarak 10 Tahun Program Diploma III Teknik Informatika 2012

Dies Natalis Program Diploma III Teknik Informatika yang ke-10 di tahun 2012 ini disemarakkan dengan berbagai macam kegiatan ilmiah dan olah raga. Pembukaan acara dilaksana-kan pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2012 pukul 07.00 WIB bertempat di halaman parkir Fakultas MIPA UNS yang diikuti oleh dosen maupun mahasiswa Program Diploma.

Kegiatan diawali dengan senam, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Prodi D3 dan Dekan FMIPA UNS Prof. Ari Handono Ramelan, M.Sc. (Hons), Ph.D. Dalam sambutannya Dekan FMIPA mengemukakan bahwa selama 10 tahun ini Program Diploma III sudah mencapai prestasi yang sangat memuaskan baik dari lulusan yang dihasilkan maupun hasil karya yang telah dihasilkan, bahkan untuk kompetisi ilmiah dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti, Program Diploma III TI merupakan penyumbang judul PKM terbanyak yang lolos didanai Dikti. Diharapkan pada masa yang akan datang Program Diploma III TI juga harus siap untuk sharing knowledge dengan masyarakat dalam mengelola IT.

Setelah sambutan dilanjut pemotongan pita/pelepasan balon oleh Dekan FMIPA dan didampingi Ketua dan Sekretaris Program Studi D3 TI sebagai tanda dibukanya event acara dalam Ulang tahun ke-10 bertemakan “Celebration Dasawarsa D3-TI Toward Digital Era”

Adapun beberapa rangkaian acaranya adalah sebagai berikut :

  1.  I-POD (Informatics Passion of D3TI) merupakan lomba dalam bidang olahraga yang bertujuan untuk menambah semangat mahasiswa D3 TI dalam  perkuliahan. I-POD dibagi menjadi 2 kategori lomba, yaitu lomba Voli dan Futsal yang dikhususkan untuk mahasiswa D3 Teknik Informatika seluruh angkatan. Lomba diselenggara-kan pada tanggal 25 Mei s.d.   27 Mei untuk lomba Voli dan dilanjutkan tanggal 1 Juni s.d.  3 Juni untuk pertandingan  Futsal antar angkatan.
  2. Lomba dalam bidang IT Competition (ITC) dan keilmiahan. ITC dibagi menjadi 4 cabang perlombaan: Poster, Logo, Web Design dan Pemrograman. Peserta lomba adalah pelajar, mahasiswa dan umum. Dan lomba ilmiahnya adalah LKTI (Lomba Karya Tulis Islami) yang bertemakan “Islam dan Teknologi”. Peserta lomba diwajibkan menulis essay tentang islam dan teknologi agar mengasah kemampuan berfikir serta memberikan kesempatan pada generasi muda untuk mengungkapkan ide maupun gagasan dalam bentuk tulisan yang berupa essay.
  3. Acara puncak sekaligus penutupan IT FesTenVal  diadakan pada tanggal  7 Juli 2012 pada acara Seminar Nasional dengan membahas seputar teknologi komunikasi terbaru, yaitu “Open BTS” Pembicara Bp. Onno W. Purbo bertempat di Auditorium Universitas Sebelas Maret juga dipamerkan hasil Tugas Akhir dan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) mahasiswa D3TI FMIPA UNS.   [FMIPA]