UNS Kukuhkan 40 Dokter Baru Dalam Pengambilan Sumpah Dokter Periode ke-180

Surat Keputusan Dekan Nomor 331/H27.06/PP/2012 tanggal 12 Januari 2012 dan Yudisium Dokter yang dilakukan pada tanggal 3 April 2012, yang hasilnya dikukuhkan oleh Surat Keputusan Dekan Nomor 3101/H27.06/PP/2012 tanggal 4 April 2012 melaporkan bahwa Fakultas Kedokteran UNS menyatakan lulus sebagai dokter sebanyak 40 orang, dengan lulusan pria sebanyak 15 orang (27,5%), dan wanita sebanyak 25 orang (62,5%).

Dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Periode ke-180 yang dilaksanakan Selasa (29/5) di Auditorium UNS, Perwakilan Rumah Sakit Moewardi dr. Nana Humar Dewi, M.Kes., mengatakan akan pentingnya pengambilan sumpah dokter.  “Pengambilan sumpah wajib dilakukan oleh semua dokter. Dengan sumpah tersebut, dokter harus menjungjung tinggi, menghadapi dan mengamalkan sumpahnya, serta senantiasa berupaya melaksanakan profesinya sesuai dengan sumpah tertinggi,” ujarnya.
Menurut Nana, Seorang dokter harus mengembangkan profesinya sesuai dengan perkembangan iptek kedokteran, etika umum, dan etika kedokteran sesuai tingkat dan jenjang layanan kesehatan serta memegang teguh prinsip altruistic.
Lebih lanjut, ia juga berharap agar alumni UNS dapat berperan aktif untuk mempercepat tercapainya Millenium Development Goals (MDGs), sebab lima dari tujuh tujuan MDGs adalah mengenai kesehatan. Tujuan tersebut antara lain: memberantas kelaparan dan kemiskinan, mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan kesehatan maternal, mengurangi jumlah terinfeksi HIV/AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya, serta mencapai dan menjamin kelangsungan lingkungan hidup.
Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNS Ravik Karsidi menghimbau kepada para dokter baru untuk tetap mempertahankan status sosial yang telah diberikan oleh masyarakat. “Secara sosiologis, Anda sudah mendapatkan sesuatu, tinggal menjaganya dengan baik,” ujar Ravik. Bagaimana menempatkan diri setepat-tepatnya sehingga dapat mempertahankan status sosial akan profesi kedokteran tersebut adalah tugas bagi 40 dokter baru lulusan Fakultas Keokteran UNS ini.
Dengan dilantiknya dokter periode ke-180 ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran UNS telah meluluskan 4481 orang dokter yang telah tersebar di seluruh pelosok tanah air. (red-uns.ac.id)