FAPERTA SELENGGARAKAN LKMM

Dalam rangka memberikan bekal kepada mahasiswa berupa wawasan sikap dan keterampilan dalam mengkoordi-nasikan dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan serta mampu mendorong berkembangnya kemampuan intelektual, keseimbangan emosi dan penghayatan spiritual, agar menjadi warga negara yang bertanggungjawab serta berkontribusi pada daya saing bangsa; pada tanggal 21-23 Oktober 2011 Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) di Tawangmangu.

Kegiatan LKMM diikuti oleh 37 peserta wakil dari UKKHM (Unit Kegiatan Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa) di Fakultas Pertanian UNS yang berjumlah 16 UKKHM. Sebagai Trainner adalah:

  1. R. Kunto Adi, S.P., M.P.
  2. Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc.
  3. Widiyanto, S.P., M.Si.
  4. Nuzul Widyas, S.Pt., M.Sc.; serta dibantu oleh  4 (empat) Co-Trainner.

Materi pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari ini meliputi: teori yang dilaksanakan di dalam ruang serta permainan, dan outbond yang dilaksanakan di alam terbuka.

Tujuan dari pelatihan yang bertema “Capacity Building Organisasi Mahasiswa Menuju pada Organisasi yang Dinamis, Profesional dan Mandiri” ini adalah:

  1. meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan membuat skala prioritas pemecahan masalah
  2. mengasah keterampilan mahasiswa untuk merumuskan sasaran yang ingin dicapai dan menjabarkannya ke dalam sebuah program kerja
  3. mengidentifikasi berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pencapaian rencana kerjanya
  4. meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menge-lola berbagai sumber daya  yang ada di lingkungannya
  5. meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengambilan keputusan yang profesional dan bertanggungjawab
  6. mengasah kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin organisasi kemahasiswaan yang profesional dan mandiri
  7. meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk memikat mahasiswa lainnya agar mau bergabung dan berpartisipasi aktif dalam  setiap aktivitas organisasi yang dibentuknya.

(Humas Fakultas Pertanian UNS).