BSO HIMAGHITA PERINGATI HARI PANGAN SEDUNIA

Tanggal 16 Oktober 2011 adalah Hari Pangan Sedunia. Dalam rangka memperingatinya, Badan Semi Otonom (BSO) Pengabdian Masyarakat HIMAGHITA Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan suatu kegiatan bertemakan hari pangan yang dibingkai dalam acara “Food Day”. Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Oktober 2011 di Desa mitra kerja BSO HIMAGHITA tepatnya di Dusun Gugur, Desa Koripan, Matesih, Karanganyar.

Adapun bentuk Kegiatannya berupa penyuluhan tentang hidup sehat dan pentingnya makanan bergizi berimbang dan bervariasi. Selain itu, juga diadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan pangan. Lomba yang diadakan melibatkan warga baik anak-anak dan ibu-ibu. Lomba masak yang melibatkan ibu-ibu mengambil bahan dasar tempe yang merupakan “Food For The Future“, makanan masa depan yang kaya akan antioksidan dan zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Selain lomba masak, ada juga lomba anak-anak berupa lomba makan jagung. Dari lomba yang diselenggarakan ini diharapkan dapat menambah kreativitas dan inovasi dalam pengolahan bahan baku yang bergizi seperti tempe dan jagung. Selain itu, dengan lomba ini masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) lokal dengan sebaik mungkin. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian susu kedelai gratis untuk    warga Dusun Gugur guna meningkatkan gizi   masyarakat setempat.

Dengan adanya serangkaian kegiatan yang telah dilakukan ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi warga dalam memanfaatkan dan menghargai SDA lokal dan  lebih memperhatikan kebutuhan gizi yang dikonsumsi sehari-hari.

(BSO HIMAGHITA FP UNS).