UNS PERKUAT JEJARING INTERNASIONAL DENGAN NEGARA-NEGARA ASEAN

Untuk memperkuat jejaring internasional Universitas Sebelas Maret (UNS-Solo) menambah kerja sama luar negeri dengan universitas-universitas di Negeri Jiran (Malaysia). Belum lama ini, Rektor UNS (Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.) telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) dengan:

  1. Universiti Sains Malaysia (USM) di Penang
  2. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

Dalam pelaksanaan MoU ini selain Rektor ikut hadir pula:

  1. Dr. Widodo Muktiyo (Pembantu Rektor IV)
  2. Prof. Dr. Kuncoro Dihardjo (Dekan Fakultas Teknik)
  3. Ari Handono Ramelan, Ph.D. (Dekan Fakultas MIPA)
  4. Agus D. Priyanto, MCALL (Kepala Kantor Internasional) serta dua orang peneliti dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA.

Menurut Prof. Dr. Dzulkifli Abdul Razak (Vice Chancellor USM) dalam sambutannya mengatakan bahwa USM menyambut baik kerjasama tersebut karena Indonesia dan Malaysia merupakan saudara dan sudah selayaknya untuk bergerak bersama, membangun peradaban dunia, terutama di wilayah ASEAN. Secara umum, Rektor UNS dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNS dan Malaysia sudah memulai kerja sama ini sejak tahun lalu, yaitu berbentuk joint-conference dan joint-research, terutama dalam hal kajian mengenai polimer, material, serta energi terbarukan. Selanjutnya, kerjasama ini akan ditingkatkan melalui pertukaran dosen maupun mahasiswa, dan pertukaran publikasi ilmiah. Pada bulan Oktober 2011 yang akan datang, UNS dan UTeM akan menyelenggarakan konferensi internasional mengenai energi dan material. Selain dari UNS dan UTeM, reviewer paper untuk konferensi ini juga berasal dari beberapa perguruan tinggi lain, termasuk dari Eropa dan Amerika. Selain itu sudah direncanakan pula untuk penyelenggaraan konferensi serupa di bidang teknologi informasi. Dalam kunjungan ke USM, rombongan UNS juga berkesempatan melakukan pembicaraan dengan Rektor Prince of Songkla University, Thailand, Prof. Dr. Boonsom Sirbumrungsukha.

Tiga negara di ASEAN ini merupakan negara yang telah tergabung dalam program Malaysia-Indonesia-Thailand (MIT) Student Mobility dan sudah difasilitasi oleh DIKTI bersama SEAMEO. Dalam program MIT ini, UNS berperan aktif dalam bidang pertanian, yang nantinya dengan Prince of Songkla University akan menggarap serta mengembangkan di bidang-bidang yang lain.

(International Office UNS).