PEKAN MESIN 2011

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNS ke 35 Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin (KMTM) UNS menggelar berbagai macam lomba yang dikemas dalam kegiatan Pekan Mesin 2011 yang telah terlaksana pada tanggal 9-11 Maret 2011 bertempat di Student Centre.

Hasil pelaksanaan untuk masing-masing lomba adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Maraton Robot Line Follower diikuti 113 peserta. Pada acara lomba ini diadakan pemecahan REKOR MURI “Maraton Robot Line Follower dengan line terpanjang 1103 meter”. Tema kegiatan ini adalah “Save Your Energy and be Fastest”. Keluar sebagai juara dalam lomba tersebut adalah, Juara I: 4-MEN; Juara II: REX-ONE; Juara III: V-8 (semua dari Politeknik Elektro Negeri Surabaya bagian dari Institut Teknologi Sepuluh November (PENS-ITS)
  2. Lomba Cipta Kompor Bahan Bakar Alternatif. Lomba ini merupakan lomba mahasiswa tingkat nasional dengan mengadu kreativitas mahasiswa se-Indonesia di bidang desain kompor bahan bakar alternatif. Perlombaan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu: tahap pertama adalah penyeleksian makalah oleh tim reviewer, untuk memilih 15 makalah terbaik sebagai finalis. Tahap kedua, merupakan tahapan presentasi makalah di hadapan juri oleh 15 finalis yang terpilih dan diundang. Tahapan presentasi makalah dilaksanakan dalam 2 (dua) hari, yaitu pada hari pertama peserta mempresentasikan karyanya di hadapan juri sedangkan pada hari kedua peserta melakukan uji kompor. Pada tahap kedua ini ditentukan 3 (tiga) finalis terbaik sebagai pemenang, dengan hasil yang diperoleh yaitu: Juara I Mirza Ghulam Indralaksana dengan “SAVE (SAWDUST STOVE)”: Kompor “Donut” Inovatif menggunakan Bio-Briket Limbah Gergaji Kayu sebagai Bahan Bakar Alternatif (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya); Juara II Ricky Nathaniel Joevan dengan “TM-STOVE”: Kompor Multiguna Bahan Bakar Ramah Lingkungan (Universitas Surabaya); Juara III Tri Vicca Kusumadewi dengan “Smart Stove”: Kompor Minyak Tanpa Sumbu Berbahan Bakar Etanol dengan Kompor Minyak Tanah Sumbu Tunggal (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
  3. Lomba Rancang Bangun Jembatan. Lomba tersebut diikuti oleh siswa SMA se-Surakarta. Hasil dari lomba tersebut adalah: Juara I SMA Kristen 1 Surakarta; Juara II adalah SMA Negeri 3 Surakarta; Juara III adalah SMA Kristen 1 Surakarta.

(Humas Fakultas Teknik UNS).