INTERNATIONAL CULTURE GATHERING NIGHT

Sebanyak 106 mahasiswa asing yang belajar di UNS mengikuti acara “International Culture Gathering Night” pada hari Sabtu, 11 Desember 2010 di Auditorium UNS. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa yang berasal dari 25 negara mementaskan kebudayaan negara asalnya. Menurut Koordinator International Student Service Office UNS, dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D. acara tersebut rutin dilakukan setiap akhir tahun dan merupakan puncak kegiatan mahasiswa asing.

Acara tersebut digelar dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk berkreasi sesuai dengan kebudayaan negara masing-masing, sehingga diharapkan bisa menghilangkan ketegangan selama belajar dan beraktivitas yang salah satunya dimungkinkan karena adanya cultural shock. Selain itu, kegiatan juga ditujukan untuk meningkatkan keakraban antar sesama mahasiswa asing yang belajar di UNS.

Jumlah mahasiswa asing yang belajar di UNS tahun ini mengalami peningkatan sangat pesat, yaitu: pada tahun 2009 terdaftar 54 mahasiswa, dan pada tahun 2010 tercatat 106 mahasiswa asing yang berasal dari 25 negara (Afghanistan, China, Perancis, Laos, Madagaskar, Libya, Romania, Malaysia, Thailand, Turki, dan sebagainya). Mereka belajar di UNS melalui berbagai program, antara lain: program Darmasiswa, beasiswa unggulan, swadana, beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KMB), Pasiad dan Islamic Development Bank (IDB). Meningkatnya jumlah maha-siswa asing tersebut merupakan poin bagi UNS dalam upaya menuju world class university. International Stu-dent Service merupakan salah satu divisi yang ada di International Office UNS. Divisi tersebut bertugas mem-berikan pelayanan kepada mahasiswa asing yang bela-jar di UNS, mulai dari penjemputan di bandara, kese-hatan, hingga pendampingan.

(Bag. Sistem Informasi UNS).