UNS TARGETKAN SETARA PERGURUAN TINGGI ASEAN

Universitas Sebelas Maret (UNS) menargetkan untuk bisa setara dengan perguruan tinggi maju di ASEAN pada tahun 2015. Oleh karena itu, nantinya lulusan UNS langsung bisa meneruskan ke Mahidol University, salah satu perguruan tinggi utama di Thailand, begitu pula sebaliknya.

Menurut Rektor UNS, Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, dr. Sp.KJ (K) bahwa hal tersebut sesuai dengan kesepakatan yang diambil pada pertemuan pimpinan universitas di Bali pertengahan tahun lalu. UNS akan mencoba untuk terus meningkatkan kualitas, sehingga nantinya betul-betul memiliki kesetaraan dengan perguruan tinggi maju di ASEAN.

Persoalan kualitas menjadi taruhan, oleh karena itu, berbagai langkah ditempuh antara lain kerjasama double degree dengan universitas di luar negeri. Saat ini UNS telah melakukan kerjasama double degree dengan Curtin University Australia dan La Rochelle Perancis. Semuanya untuk program studi Magister Manajemen, dan sedang diupayakan lagi kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Perancis serta di ASEAN.

UNS termasuk 25 perguruan tinggi di Indonesia yang didorong oleh Kemendiknas untuk bisa masuk ke jajaran World Class University (WCU). Keberhasilan demi keberhasilan sudah diraih dan diharapkan tidak sampai 2025 sebagaimana target pemerintah, UNS sudah masuk kategori WCU. Hal ini telah dibuktikan dengan perolehan peringkat dalam webometrics yang saat ini sudah menembus 1.521. Untuk nasional terbaik ke-10 dan terbaik ke-6 untuk 57 perguruan tinggi nasional di Indonesia.

(Bagian Sistem Informasi UNS).