FISIP UNS Gelar Seminar Nasional Kemiskinan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan Indonesia

FISIP UNS Gelar Seminar Nasional Kemiskinan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan Indonesia

Kemiskinan merupakan masalah dunia yang perlu dicarikan jalan keluar. Kemiskinan tersebut bukan hanya melanda negara-negara berkembang saja tapi merupakan masalah diseluruh dunia dan Indonesia termasuk didalamnya. Menurut data statistik, Di Indonesia, jumlah penduduk miskin dari tahun 1976  hingga tahun 1993 ada kecenderungan menurun. Kemudian dari tahun 1996 hingga 2002 jumlah penduduk miskin cenderung naik. kemudian ditahun 2003 hingga 2007 jumlah penduduk miskin turun lagi. Walaupun penduduk miskin indonesia dari tahun 2003 hingga 2007 terdapat kecenderungan menurun tapi bila dilihat dari jumlah penduduk indoesia masih cukup tinggi.

Dengan melihat gambaran tersebut Lab Sosio (Laboratorium Sosiologi) Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan “Seminar Nasional Kemiskinan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan Indonesia” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Pebruari 2012 bertempat di ruang Seminar FISIP UNS Gedung 1 lantai 2, Jalan Ir. Sutami No. 36 A Surakarta  dengan bentuk kegiatan pemaparan oleh Prof. Dr. Imam Santoso, M.Si (Sosiolog FISIP UNSOED Purwokerto dan Drs. Y. Slamet, M.Sc., Ph.D (Sosiolog FISIP UNS Surakarta) dengan Moderator Dra. LV. Ratna Devi, M.Si.

Menurut Ketua Penyelenggara, Dr. Ahmad Zuber, DEA. kegiatan ini mempunyai dua tujuan utama yaitu:

  1. memberikan gambaran dan analisa tentang permasalahan kemiskinan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia
  2. memberikan pola penanggulangan kemiskinan yang mungkin bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi permaslahan kemiskinan baik dimasyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Peserta ini terdiri dari para akademisi perguruan tinggi dan dari dinas-dinas terkait yang ada di solo dan sekitarnya.

(Humas FISIP UNS)