MAHASISWA BERPRESTASI

Seperti kita ketahui bahwa Addina Nur Amalia dan Bima Pratama Putra, keduanya merupakan mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT UNS) yang pada tanggal 10 November 2011 berhasil menjadi Pemenang Pertama (Juara I) kompetisi Internasional “AECOM UrbanSOS Student Ideas Competition 2011”. Proposal yang dipresentasikan berjudul “Firm Foundation: Decreasing Vulnerability with Self-Reliant Urban Design for Riverfront Housing in Banjarmasin, Borneo, Indonesia”.

Tim ini berhasil mengalahkan dua finalis yakni mahasiswa Hawai dan Korea yang mengangkat tentang SPBU air dan tim dari Taiwan yang mengangkat tentang perikanan. Dalam menggapai kemenangan ini keduanya bergabung dengan mahasiswa Program Master City Planning Massachusetts Institute of Technology (MIT) USA yaitu Stephen Kennedy dan Alice Shay, yang dikenal saat magang di Non Government Organization “Solo Kota Kita”.

Proposal ini membahas kasus penanggulangan masalah permukiman kumuh di tepian sungai dan kanal di Kota Banjarmasin.  Solusi yang ditawarkan adalah mendesain dan menata beberapa perkampungan kumuh dengan menggunakan pondasi batu dan beronjong untuk menanggulangi masalah pasang surut air laut sehingga tidak merusak bangunan, melindungi tepian sungai dari abrasi air laut, dapat dimanfaatkan sebagai jalur pejalan kaki, dok kapal, koneksi transportasi air, penjernih air alami dan dapat menghidupkan perekonomian warga, serta beberapa ide desain lainnya.

AECOM UrbanSOS Student Ideas Competition 2011 adalah kompetisi mahasiswa tahunan bertaraf internasional yang diadakan oleh perusahaan multi engineering AECOM yang berbasis di Amerika dan  telah memiliki cabang di seluruh dunia. Kompetisi yang tahun ini diselenggarakan di London tersebut bertujuan untuk mengajak para mahasiswa baik dalam bidang urban planning, urban design, arsitektur, arsitektur lanskap, ilmu lingkungan, teknik sipil, maupun bidang engineering lainnya untuk menghadapi permasalahan kota-kota modern di dunia melalui pendekatan multi disiplin untuk menjawab tantangan perkembangan lingkungan di masa depan. Tema kompetisi untuk tahun ini adalah tentang air. Permasalahan air sebagai sumber kehidupan manusia yang terjadi di kota-kota besar maupun kota-kota kecil di seluruh dunia merupakan poin penting yang harus ditangani melalui penerapan  berbagai disiplin ilmu.

Peserta kompetesi yang terdaftar sebanyak 800 tim dari 25 negara di dunia, namun hanya 190 tim yang mengirimkan karyanya sampai dengan batas akhir tanggal pengumpulan proposal. Setelah melewati proses seleksi tertutup yang terbagi atas 3 tahap seleksi (berlangsung dalam 1,5 bulan sejak pengumpulan proposal), yaitu  tahap I: seleksi dari 190 menjadi 45 besar, tahap II: seleksi 10 besar; tahap III: seleksi 3 besar (15 September 2011). Dari ketiga tahap tersebut tim Jurusan Arsitektur FT UNS berhasil lolos, dan untuk selanjutnya melaju ke seleksi terbuka penentuan Juara I di London Inggris.

Pemenang kompetisi tahun 2010 adalah 2 (dua) universitas paling terkemuka di dunia yaitu: MIT dan Harvard University, USA; dan tahun 2011 ini Universitas Sebelas Maret Surakarta Indonesia yang berkolaborasi dengan MIT USA berhasil meraih juara I. Keberhasilan yang  diraih  tersebut   sebagai  bukti  bahwa  UNS memiliki reputasi yang dapat disejajarkan dengan Perguruan Tinggi luar negeri. Untuk itu seluruh sivitas akademika perlu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas diri baik di bidang akademis maupun non akademis, semakin aktif untuk membangun networking dengan mitra di tingkat internasional dan berani untuk berkompetisi di tataran persaingan dunia global. Keberhasilan ini menjadi kebanggaan Universitas Sebelas Maret yang sedang gencar-gencarnya menuju World Class University, di samping juga sebagai prestasi anak bangsa yang akan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

(Fakultas Teknik UNS).