FISIP UNS Gelar Diskusi Ilmiah Dengan Pakar Dari Malaysia

Dalam rangka menjalin kerjasama di berbagai bidang Pendidikan, maka Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS bekerjasama dengan School of  Communications Universiti Sains Malaysia telah menyelenggarakan Diskusi Ilmiah dengan tema: “Globalisasi dan Peranan Media Serantau”. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 21 Desember 2011 mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB di Ruang Seminar FISIP UNS; Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta.

Pembicara yang hadir dalam Diskusi Ilmiah tersebut antara lain: 1) Dr. Mahyuddin Ahmad (USM Malaysia); 2) Dr. Shuhaida Md. Nor (USM Malaysia); 3) Sri Hastjarjo, S.Sos., PhD (Ilmu Komunikasi FISIP UNS). Sebelum acara dimulai, diselenggarakan penandatangan MoU antara FISIP UNS dengan School of Communications USM.

Adapun tamu dari Malaysia yang akan berkunjung ke UNS beserta bidang keahliannya, antara lain: 1) Dr. Nik Norma Nik Hasan (Kewartawanan Alam Sekitar); 2) Dr. Mahyuddin Ahmad (Teori Komunikasi Timur dan Barat);  3) Dr. Shuhaida Md. Nor (Pendidikan Komunikasi: Pembentukan program komunikasi pemasaran bersepadu); 4) Puan Hajah Hamidah Abd Hamid (Peranan media dan Penyebaran informasi sains dan teknologi).

Selain penyelengga-raan Diskusi Ilmiah, pertemuan dilanjutkan dengan Diskusi terbatas antara Dosen Komunikasi FISIP UNS dengan  Pensyarah School of Communications USM  Malaysia yang membahas tentang kerjasama yang akan dilakukan kedua belah pihak. Tujuan diadakannya diskusi terbatas oleh para dosen komunikasi kedua belah pihak tersebut adalah sebagai tindak lanjut MoU yang telah ditandatangani.

Kerjasama yang dibahas antara lain: 1) Kolaborasi penelitian; 2) Pertukaran mahasiswa; 3) Peluang melanjutkan studi lanjut ke USM Malaysia bagi dosen Komunikasi UNS.

(Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UNS).