Pelatihan Kewirausahaan: Calon Purnabakti PNS Demak

Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) LPPM UNS bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Daerah Kabupaten Demak, pada tanggal 28 November – 1 Desember 2011 telah menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Calon Purnabakti PNS Pemerintah Kabupaten Demak”. Kegiatan pelatihan rutin dilakukan dua kali dalam setahun sejak Oktober 2009.

Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 34 orang yang berasal dari berbagai instansi di Pemkab Demak. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan calon purnabakti PNS untuk berwirausaha sebagai bekal mema-suki masa pensiun. Pelatihan kewirausahaan ini dise-lenggarakan secara in-class dan out-class. Materi-materi yang diberikan dalam kegiatan in-class antara lain:

  1. Pengembangan Kewirausahaan Bagi Calon Purnabakti di Demak
  2. Merevolusi diri sebagai entrepreneur
  3. Simulasi Bisnis
  4. Aneka Masakan Olahan
  5. Hypnoselling
  6. Merencanakan bisnis
  7. Menjaga Kesehatan di masa Pensiun
  8. Review Bussines Plan.

Kegiatan out-class dilakukan dengan mengunjungi UKM binaan mitra PPKwu LPPM UNS, yaitu: peternakan puyuh, peternakan ayam, pabrik tahu, dan pabrik makanan ringan yang berada di sekitar wilayah kota Solo.

Di akhir kegiatan peserta pelatihan berhasil menyusun proposal usaha yang nantinya diusulkan untuk mendapat bantuan pendanaan dari Pemkab Demak.

(PPKwu LPPM UNS).