Forum Nisaa’ LDK UNS Adakan Gema Muslimah

Acara yang bertajuk “Be Excellent Princess” ini adalah sebuah wahana bagi mahasiswi muslimah untuk menyalurkan kreativitas yang diusung oleh Forum Nisaa’/Kemuslimahan (FORNIS), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-UNS dengan menghadirkan acara-acara yang menarik, antara lain:

I). Sabtu, 3 Desember 2011, berupa kegiatan:

  1. Bedah Buku, dengan tema “Buku Asyik Buat Cewek Cantik” dengan pembicara Asri Istiqomah (Ketua FLP Soloraya, Penulis buku) dan Rabi`ah Al-Adawiyah (Penulis Buku “Agar Ngampus Tak Sekedar Status”). Acara yang berlangsung di Aula gedung A FMIPA UNS ini diikuti sekitar 50 peserta
  2. Lomba kreativitas,  adalah lomba memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat, diikuti 13 kelompok masing-masing terdiri dari 3 orang
  3. UNS Princess, adalah ajang pencarian muslimah berbakat, diikuti 34 peserta yang pada tanggal 2 Desember 2011 telah diseleksi sehingga tinggal 10 besar. Seleksi berupa presentasi essay yang mereka buat di depan juri/penonton dan ujian hafalan serta uji bakat keahlian.

II). Minggu, 4 Desember 2011, berupa kegiatan:

  1. Seminar, dengan mengusung tema “From Zero to Princess” dilaksanakan pada 4 Desember 2011 pukul 8.30 WIB di Aula gedung  A FMIPA dengan menghadirkan pembicara: a. dr. Marijati; b. Ustadzah Lia (pengajar Ma’had Tanwirul Fikr); c. Al Mira (Runer Up MAWAPRES Nasional  2011)
  2. Lanjutan UNS Princess untuk memilih lima besar, peserta diuji dengan pertanyaan dari ketiga pembicara seminar, satu perwakilan panitia, dan satu perwakilan penonton. Sebelum hasil penjurian di-umumkan disajikan hiburan nasyid akhwat (putri), yaitu STRIM dari FMIPA dan Teater (putri) dari Fakultas Teknik.  Seusai hiburan hasil penjurian diumumkan dan yang keluar sebagai juara Princess UNS adalah: Juara I Iis F. (Psikologi UNS), Juara II Erny Ratnawati (FKIP Bahasa Inggris UNS), dan Juara III Hasyih (PGSD UNS). Juara favorit berdasarkan pilihan penonton yang hadir yaitu Sri Mulyati (Bahasa Arab FSSR UNS).

Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai media untuk menunjukkan kepada publik bahwa muslimah juga memiliki potensi dan meningkatkan syiar muslimah yang tidak hanya pintar agama tetapi juga memiliki keahlian di bidang lain.

(Koordinator Putri Humas Internal JN UKMI UNS).