LPPM UNS LAUNCHING SKEMA P2M TERBARU (2012)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) pada hari Kamis, 10 Nopember 2011 telah menyelenggarakan launching skema Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) terbaru untuk anggaran tahun 2012. Acara tersebut difasilitasi oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. dengan tempat penyelenggaraan di Rumah Dinas Rektor UNS dan dikemas dengan acara temu wartawan (journalist gathering) bersama Rektor UNS yang didampingi oleh Ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Sunardi, M.Sc; Sekretaris LPPM UNS, Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D dan Tim Pengembang LPPM UNS bidang Penguatan Pusat dan Integrasi, Dr. Supriyadi, M.P. Dalam acara ini dipaparkan beberapa skema P2M terbaru bagi dosen dan inventor di lingkungan UNS yang akan dikelola oleh LPPM pada tahun anggaran 2012.

Ada beberapa research project yang akan dijalankan LPPM UNS pada tahun 2012, di antaranya dari DP2M Dikti yang akan mengucurkan hibah sebesar 3,3 Milyar rupiah. Hibah tersebut diarahkan pada bidang perubahan iklim dan keanekaragaman hayati, energi baru dan terbarukan, serta ketahanan dan keamanan pangan. Ketiga bidang kajian tersebut selama ini telah menghasilkan publikasi internasional terbanyak. Dalam research project tersebut, LPPM UNS memperoleh mandat dari DP2M Dikti untuk mengelola P2M dari penerimaan proposal, pencairan dana, laporan, monitoring dan evaluasi hingga luaran berupa publikasi secara mandiri (desentralisasi P2M). Hal tersebut merupakan konsekuensi keberhasilan UNS sebagai salah satu dari 10 perguruan tinggi kategori Mandiri versi DP2M Dikti. Penetapan kriteria mandiri didasarkan dua hal, yakni peraihan dana kompetitif P2M dari luar UNS oleh para dosen UNS serta sistem penjaminan mutu P2M di UNS.

Selanjutnya, sebagai bentuk komitmen pimpinan UNS untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan produk P2M pada tahun anggaran 2012 akan mencairkan 10% dari total anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) atau sebesar 28 Milyar rupiah yang dikompetisikan pada beberapa skema P2M yakni hibah kerjasama dan publikasi internasional (maks. Rp150 juta), hibah penelitian pascasarjana (maks. Rp 75 juta), hibah bersaing (maks. Rp 45 juta), hibah fundamental  (maks. Rp 45 juta), dan hibah penelitian program sarjana (maks. Rp 25 juta), IPTEK bagi wilayah (maks. Rp 50 juta), IPTEK bagi masyarakat (maks. Rp 30 juta), IPTEK bagi produk ekspor (maks. Rp. 75 juta), IPTEK bagi kewirausahaan (maks. Rp 75 juta), IPTEK bagi kreativitas dan inovasi kampus (maks. Rp 50 juta) dan KKN tematik pemberdayaan masyarakat (maks. Rp 15 juta).

Proposal P2M yang akan diajukan harus mengacu pada Rencana Induk Penelitian (RIP) dengan 12 bidang kajian,  yakni perubahan iklim dan keanekaragaman hayati; energi baru dan terbarukan; ketahanan dan keamanan pangan; kesehatan, penyakit tropis, gizi dan obat-obatan; pengelolaan dan mitigasi bencana; integrasi nasional dan harmoni sosial; otonomi daerah dan desentralisasi; seni, budaya, dan industri kreatif; infrastruktur, transportasi, dan teknologi pertahahan; teknologi informasi dan komunikasi serta pendidikan dan pembangunan manusia dan daya saing bangsa. Penerimaan proposal P2M secara online dan full proposal akan dibuka LPPM UNS pada tanggal 16 Desember 2011 hingga 12 Januari 2012. RIP dan Kumpulan Panduan Hibah DIPA UNS T.A. 2012, dapat di-download pada alamat berikut: http://lppm.uns.ac.id/download.

(LPPM UNS).