S E M I N A R “REVITALISASI PERAN UMKM DALAM PEMBANGUNAN”

Pada hari Rabu, 23 November 2011 Fakultas Pertanian UNS telah menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Revitalisasi Peran UMKM dalam Pembangunan melalui Penguatan Sektor Agroindustri”.

Acara yang digelar di aula F.Pertanian ini ini menghadirkan narasumber, antara lain:

  1. Ir. I Wayan Dipta, M.Sc., (Deputi Menteri Bidang Pengkajian UMKM Kementerian Koperasi dan UKM RI) sebagai keynote speech dengan judul makalah “Kebijakan Pengembangan UMKM Kementerian Koperasi dan UKM”
  2. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si (staf pengajar Prodi Agribisnis FP UNS) judul makalah “Paradoxial Pembangunan Agroindustri bagi Pelaku UMKM”
  3. Ir. Suharto, MS (Direktur PT. Lembah Hijau Multifarm, Solo) judul makalah “Peluang UMKM di Sektor Agroindustri”
  4. RY. Kristian Hardianto, SH (Entrepreneur) dengan makalah “Mengoptimalkan Potensi Pikiran sebagai Penunjang Kesuksesan UMKM Agroindustri”.

Seminar dibuka oleh Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan makalah utama oleh Ir. I Wayan Dipta, M.Sc selaku  keynote speech dan dilanjutkan oleh pemakalah utama yang lain. Peserta seminar ini berasal dari berbagai kalangan dan pemangku kepentingan, antara lain: akademisi, praktisi, pemerintah daerah dan mahasiswa.

(Humas Fak. Pertanian UNS).