LAZIS UNS DAN PAI UNS ADAKAN QURBAN SAMPAI PELOSOK 2011

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyem-belihan hewan qurban UNS tahun 2011 pengelolaan-nya dipusatkan di Masjid Nurul Huda yang dikelola oleh LAZIS UNS dan PAI (Pembina Agama Islam) UNS. Tahun ini PAI dan LAZIS UNS berhasil menghimpun hewan qurban sebanyak 7 ekor sapi dan 57 kambing.

Pada tanggal 6 November 2011 sejumlah 2 ekor sapi dan 55 kambing telah disalurkan ke daerah-daerah binaan LAZIS UNS dan Lembaga Kemaha-siswaan, antara lain:

  1. Desa Dayu dan Desa Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
  2. Desa Mondokan Kabupaten Sragen
  3. Desa Jerukan di Juwangi Boyolali
  4. Kismantoro Wonogiri.

Sementara itu, untuk 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing telah disembelih pada 7 November 2011 di Masjid Nurul Huda UNS yang dihadiri oleh Rektor dan beberapa pejabat UNS. Acara penyembelihan hewan qurban ini diawali dengan laporan dari LAZIS UNS dan PAI selaku pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan Rektor UNS. Dalam sambutannya Rektor mengingat-kan bahwa perolehan qurban masih minim dibanding dengan jumlah dosen dan karyawan di UNS, karena itu tahun depan harus makin baik. Pada kesempatan yang sama, Rektor sebagai perwakilan pihak yang berqurban menyerahkan secara simbolis 5 ekor sapi kepada PAI UNS dan LAZIS UNS. Bersama dengan pejabat-pejabat lainnya, Rektor UNS  menyaksikan penyem-belihan hewan qurban. Sebanyak lebih dari 600 paket daging hewan qurban itu kemudian dibagikan kepada masyarakat baik di UNS maupun di sekitar UNS.

Dalam program ‘Qurban Sampai Pelosok’ itu LAZIS UNS tidak hanya menyembelih hewan qurban, tetapi juga meluncurkan Taman Pintar berupa:

  1. perpustakaan mini
  2. pembuatan MCK
  3. bakti social
  4. pengobatan gratis untuk masyarakat Juwangi Boyolali.

Harapan ke depan program-program LAZIS UNS semakin baik dan dirasakan kemanfaatannya baik bagi masyarakat internal maupun eksternal kampus.

(LAZIS UNS).