JURUSAN KIMIA FMIPA UNS ADAKAN WORKSHOP DAN SEMINAR KIMIA 2011

Jurusan Kimia Fakultas MIPA UNS pada hari Jumat, 7 Oktober 2011 telah mengadakan workshop FTIR dan LC-MS yang diikuti oleh peserta dari beberapa universitas di Indonesia dan lembaga penelitian seperti LIPI. Maksud dan tujuan workshop selain untuk mensosialisasikan kemampuan FMIPA UNS dalam melaksanakan pengujian-pengujian material, juga untuk menjalin jejaring kerja sama antar perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia serta dunia dalam pelaksanaan riset, dan standarisasi pelaksanaan pengujian material.

Selain kegiatan yang diselenggarakan di Fakultas MIPA tersebut, pada hari Sabtu, 8 Oktober 2011 bertempat di Hotel Sahid Raya Solo juga telah dilaksanakan Seminar Kimia 2011 dengan tema “Pemberdayaan Terpadu Edukasi, Riset Dasar Hingga Aplikasi Kimia Menuju Dunia Yang Ramah Lingkungan”. Tema tersebut sangat relevan dengan keadaan masa kini, karena keterpaduan edukasi adalah hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi. Dengan tingkat kompetisi yang sangat tajam dalam pengembangan sains dan teknologi di tingkat internasional, maka setiap negara membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan tangguh serta  bergairah dalam penemuan baru (passion for invention). Selain itu, untuk mencapai terobosan baru, maka harus dilakukan penelitian mendasar yang sangat berguna dalam penemuan teknologi baru yang dapat diaplikasikan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Pembicara utama yang diundang dalam seminar tersebut adalah beberapa pakar dunia,  yaitu:

  1. Prof. Dr. Evamarie Hey-Hawkins (Fakultat fur Chemie und Mineralogie Universitat Leipzig Jerman)
  2. Prof. Dr. Hermann Watzig (Institute fur Pharmazeutische Chemie Universitat Braunschweig Jerman)
  3. Prof. Dra. Neng Sri Suharti, M.Sc, Ph.D. (Jurusan Kimia FMIPA UNS).

Menurut Ketua Panitia Dr. rer.nat. Heru Wibowo Atmanto,  seminar  dihadiri   sekitar  214  peserta   dengan jumlah paper yang dipresentasi sebanyak 125 makalah. Seminar dibuka oleh Prof. Drs. Sutarno, M.Sc, Ph.D., Pembantu Rektor I UNS mewakili Rektor yang berhalangan hadir karena ada acara dinas di Jakarta. Dalam sambutannya Pembantu Rektor I menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan FMIPA UNS dengan mengundang pakar dunia sebagai pembicara utama adalah kegiatan akademik yang sangat mendukung dalam rangka UNS menuju WCU (World Class University).

(Humas FMIPA UNS).