PROGRAM BEASISWA PEMERINTAH SWISS TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) menawarkan beasiswa dalam jumlah terbatas untuk negara berkembang termasuk Indonesia. Beasiswa ditawarkan untuk mahasiswa Pascasarjana yang ingin melakukan riset atau meraih gelar Master di salah satu perguruan tinggi di Swiss, untuk ini pelamar program riset lebih diprioritaskan. Jangka waktu beasiswa selama 9 bulan (1 tahun akademik).

Formulir pendaftaran dapat diperoleh dengan cara mengirim surat permohonan lengkap yang dikirim paling lambat tanggal 18 Nopember 2011 dengan melampirkan dokumen seperti:

  1. nama lengkap
  2. tanggal lahir
  3. keterampilan bahasa asing selain Bahasa Inggris (jika mempunyai kemampuan salah satu bahasa resmi di Swiss)
  4. program riset atau studi dan perguruan tinggi yang dituju
  5. a. Untuk peminat beasiswa riset: proposal riset lengkap (+ 5 halaman) termasuk informasi pengalaman-pengalaman riset yang relevan dengan riset yang akan dilakukan di Swiss dan kopi surat penerimaan/konfirmasi dari profesor di perguruan tinggi Swiss bahwa yang bersangkutan bersedia membimbing riset anda; b. Untuk peminat beasiswa master: karangan singkat berisi motivasi untuk kuliah di Swiss dan prioritas bidang studi yang dipilih untuk karier di masa depan dan pengembangan profesional lainnya setelah beasiswa usai (+ 2 halaman) dan sertifikat bahasa yang berlaku secara internasional (sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam program studi di Swiss) dan paling tidak memenuhi nilai minimal
  6. curriculum vitae
  7. alamat e-mail.

Surat permintaan formulir pendaftaran dikirim melalui email ke jak.vertretung@eda.admin.ch. Pelamar harus sudah mengembalikan formulir pendaftaran dilampiri dengan dokumen-dokumen pendukung paling lambat tanggal 30 Nopember 2011 ke: Kedutaan Besar Swiss (Bagian Kebudayaan), Jl. HR. Rasuna Said Kav.X 3/2 Jakarta 12950. Dokumen lamaran beasiswa boleh disampaikan melalui pos atau kurir.

Hanya pelamar terpilih yang akan diundang untuk wawancara yang dilaksanakan di Kedutaan Besar Swiss di Jakarta. FCS akan mengumumkan penerima beasiswa pada bulan Mei 2012. Beasiswa FCS tidak dapat diambil secara bersamaan dengan beasiswa lain. Apabila penerima beasiswa menerima beasiswa lain atau bantuan keuangan lain (gaji), pemegang beasiswa harus memilih antara beasiswa FCS dan sumber keuangan lain. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi:

Bagian Kerjasama UNS

Gedung BAA-BAPSI lantai 1

Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta.

(Bagian Kerjasama UNS).