PRESTASI TIM RENANG UNS DALAM POMNAS XII

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) merupakan puncak prestasi olahraga mahasiswa Indonesia yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Untuk kali ini, POMNAS XII tahun 2011 telah dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal  18-24 September 2011 dengan mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabang olahraga renang merupakan salah satu dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan).

Peserta POMNAS yang dikirimkan merupakan duta-duta dari perguruan tinggi yang ada di tiap-tiap provinsi dibawah BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), atlet yang berlaga dalam sebuah tim merupakan gabungan dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di suatu wilayah provinsi (salah satunya adalah atlet renang UNS yang bergabung dalam tim renang mahasiswa Jawa Tengah bersama-sama dengan atlet renang dari beberapa perguruan tinggi lain di wilayah Jawa Tengah). Tim renang Jawa Tengah terdiri dari: 7 atlit putra dan 2 atlit putri.

Pada POMNAS XII tahun 2011 untuk cabang olahraga renang, Jawa Tengah berhasil menduduki peringkat ke dua setelah DKI Jakarta. Medali yang berhasil dimenangkan oleh Tim Renang Jawa Tengah terdiri dari: 7 emas; 3 perak dan 2 perunggu. Perolehan ini melampaui target dari yang ditetapkan sebanyak 3 medali emas, dan ini memenuhi hampir 40% sumbangan medali dari total perolehan medali kontingen Jawa Tengah.

Khusus atlet yang berasal dari UNS, untuk cabang olahraga renang terpilih 4 atlet putra, yaitu:

  1. Sapto Nugroho
  2. Christian Pandu Putra
  3. Bhima Kautsar
  4. Endzico Januar Tanasa.

Mereka mempersembahkan 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu dengan 2 emas hasil dari estafet beregu. Sapto Nugroho menyumbangkan 2 emas dari nomor 200m gaya ganti dan 100m gaya kupu-kupu, serta 1 perak dari nomor 400m gaya ganti, sedangkan Christian Pandu Putra menyumbangkan 1 perak dari nomor 50m gaya kupu-kupu dan 2 perunggu dari nomoI 50m gaya punggung dan 100m gaya punggung, sedang 2 emas yang lainnya dari nomor estafet 4 x 100m estafet gaya ganti putra dan 4 x 100m gaya bebas putra.

(Official Tim Renang UNS).