PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN FAPERTA UNS ADAKAN PENYULUHAN MAKANAN SEHAT

Perguruan Tinggi selain memiliki fungsi Pendidikan dan Penelitian juga terdapat fungsi Pengabdian kepada Masyarakat. Sebagai implementasi dari fungsi Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (Faperta) UNS pada hari Sabtu, 24 September 2011 telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Jebres, Surakarta. Judul kegiatan pengabdian adalah “Pemberdayaan Perempuan Sebagai Usaha Penyelamatan Generasi Penerus melalui Penyuluhan Makanan Sehat dan Aman di Beberapa Kecamatan Eks Karesidenan Surakarta”.

Tim yang dipimpin oleh Edhi Nurhartadi, STP, MP mengangkat materi tentang bahaya makanan yang tidak sehat dan tidak aman serta prinsip-prinsip keamanan pangan. Selain itu juga diperkenalkan berbagai macam bahan tambahan makanan sintetis dan kimia sekaligus bagaimana cara mengetahui dan membedakan makanan yang tidak sehat.

Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu tentang makanan yang aman atau tidak aman untuk dikonsumsi. Sehingga ibu-ibu dapat menanamkan kepada anak-anak mereka untuk berhati-hati dan disiplin dalam mengkonsumsi jajanan. Hasil yang diharapkan, untuk jangka menengah masyarakat dapat mengubah pola konsumsi jajanan di kalangan anak-anak, sedangkan untuk jangka panjang diharapkan dapat memberikan konstribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya di wilayah eks Karesidenan Surakarta.

(Humas Fakultas Pertanian UNS).