FMIPA UNS RAIH MEDALI DI PIMNAS 2011 MAKASAR

Tim FMIPA UNS yang diwakili oleh 3 (tiga) mahasiswa Jurusan Fisika memperoleh medali perunggu untuk kategori PKMP (Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian) di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang telah diselenggarakan di Universitas Hasanuddin Makasar (19-22 Juli 2011). Ketiga mahasiswa itu:

  1. Widi Cahyani Asri
  2. Elis Roifah
  3. Didi Heryanto.

Penelitian yang dilakukan oleh ke-3 mahasiswa tersebut adalah “Pembuatan Komposit Panel Dinding Tahan Gempa Ramah Lingkungan Dengan Penambahan Serabut Kelapa Muda”.

Penelitian dilakukan dengan latar belakang bahwa Indonesia sebagai negara berkembang dengan populasi besar dan berada di area gempa aktif, memerlukan konstruksi bangunan yang dapat memenuhi kriteria antara lain: sederhana dan mudah dibangun, biaya rendah, mudah dipelihara, mampu menahan cuaca tropis, dan menahan beban gempa maupun beban angin. Selain itu untuk meminimalkan kerusakan lingkungan, bangunan ini harus menggunakan bahan ramah lingkungan. Tim FMIPA UNS juga mengangkat isu bahwa banyak sisa serabut kelapa muda yang banyak tersebar di sepanjang jalan dan belum dimanfaatkan secara optimal. Penggunaan bahan komposit yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang kembali, merupakan tuntutan teknologi saat ini. Komposit dengan penguat serat banyak dikembangkan karena bahannya yang kuat, ringan, mudah dibentuk, tahan korosi dan murah.

Tim FMIPA UNS juga telah membuat model rumah tahan gempa terbuat dari komposit serbuk kayu dan serabut kelapa tersebut. Ir. Ari Handono Ramelan, MSc. (Hons), PhD. (sebagai dosen pembimbing) yang juga mendampingi tim dalam acara PIMNAS di Makasar, menyampaikan bahwa FMIPA cukup bangga meskipun hanya mendapatkan medali perunggu karena tingkat persaingan yang begitu ketat. Pada PIMNAS kali ini sebenarnya UNS mampu meloloskan 9 tim, yakni 5 tim dari Fakultas Teknik, 2 tim dari Fakultas Kedok-teran, 1 tim dari FKIP dan 1 tim dari FMIPA, hanya FMIPA satu-satunya tim yang mendapatkan medali. Untuk tahun 2011 ini PIMNAS diikuti 350 tim dari seluruh perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dari segi jumlah PKM UNS yang dibiaya: oleh DIKTI tahun 2011 sebanyak 324 judul. Namun demikian menurut beliau dari hasil pengamatan selama mengikuti PIMNAS di Makassar, pesaing dari perguruan tinggi lain selain berkualitas dalam pelaksanaanya mereka juga telah mempersiapkan segala sesuatunya secara lebih baik. Oleh karena itu UNS perlu bekerja lebih keras untuk dapat berbicara di PIMNAS tahun 2012.

(FMIPA UNS).