FAKULTAS PERTANIAN GELAR PENGABDIAN

Curah hujan adalah informasi cuaca dan iklim yang sangat dibutuhkan oleh petani untuk menentukan waktu tanam dalam budidaya tanaman pangan, khususnya untuk wilayah tropis seperti Indonesia. Perubahan iklim yang cukup ekstrim pada beberapa tahun terakhir ini sebagai akibat dari pemanasan global telah mengubah pola curah hujan, baik dari aspek volume, intensitas dan distribusinya.

Petani sebagai pihak yang paling dirugikan dengan datangnya perubahan iklim, sesungguhnya dapat mengambil tindakan-tindakan preventif jika dapat memperkirakannya. Untuk dapat memprakirakan, maka petani memerlukan informasi cuaca, yaitu curah hujan utamanya. Pengukuran curah hujan yang akurat, mudah, dan dapat dilakukan sendiri sangat dibutuhkan oleh para petani. Setelah dapat mengukur curah hujan di lahannya sendiri , maka petani akan lebih memahami korelasi antara unsur iklim dengan pertumbuhan dan produktivitas tanamannya, serta dapat memprakirakan kejadian-kejadian fenomena iklim di masa mendatang.

Berlatar belakang pada permasalahan tersebut di atas dan sebagai implementasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta guna melatih dan membantu para petani, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan/Prodi Ilmu Tanah yang dipimpin oleh Komariah, STP, MSc, PhD pada hari Sabtu, 23 Juli 2011 telah melaksanakan pengabdian di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan tersebut dihadiri oleh masyarakat petani di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Pengabdian berjudul “Pelatihan Pengamatan dan Pemanfaatan Data Curah Hujan Untuk Penentuan Waktu dan Pola Tanam di Kecataman Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar” ini bertujuan agar para petani di wilayah Kecamatan Gondangrejo mampu mengamati sendiri curah hujan di wilayahnya dan dapat menentukan sendiri waktu serta pola tanam dilahannya.

(Humas Fakultas Pertanian UNS).