UNS RAIH PERINGKAT 201+ ASIA

Dari hasil pemeringkatan universitas kelas dunia, melalui penilaian Times Higher Education Supplement (THES) Quacquarelli Symonds (QS), UNS pada tahun 2011 ini berada di peringkat 201+ tingkat Asia.

Sistem penilaian THES QS didasarkan pada 5 (lima) kriteria pemeringkatan, di antaranya adalah peer preview, yaitu bagaimana hasil penelitian dari sebuah universitas mendapatkan pengakuan dari para ahli di bidangnya (dengan porsi penilaian tertinggi sebesar 40%), dan sitasi per dosen atau seberapa sering hasil penelitian dosen dikutip oleh orang lain (dengan porsi penilaian 20%). Untuk UNS Kedua faktor penilaian inilah yang perlu mendapatkan perhatian dan prioritas cukup besar, karena kualitas dan pengelolaan karya penelitian di UNS tampaknya kedepan masih harus lebih ditingkatkan.

Menurut Ketua International Office, Agus Dwi Priyanto, S.S, M.CALL., untuk UNS yang cukup diperhitungkan adalah kriteria jumlah mahasiswa asing dan dosen asing. Secara keseluruhan universitas di Indonesia yang telah mendapat peringkat di bawah 200 adalah: UI (50), UGM (80), Unair (86), ITB (98), Unpad (128), IPB (134), Undip (151-160), dan ITS (181-190). Sementara yang berada di peringkat 201+ selain UNS adalah: STT Telkom, UND, Unbraw, Universitas Pasundan dan sebagainya.

(Bagian Sistem Informasi UNS).