HIPMI-UNS KERJASAMA KEMBANGKAN KEWIRAUSAHAAN

Untuk membekali mahasiswa dengan pendidikan kewirausahaan, UNS menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surakarta.

Nota kesepahaman ditandatangani akhir pekan lalu di Gedung Rektorat, antara Pembantu Rektor IV Dr. Widodo Muktiyo dengan Ketua HIPMI Farid Sunarto, yang disaksikan Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa sudah sejak beberapa tahun terakhir ini UNS memberikan mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa. Mata kuliah dasar umum itu ditekankan untuk memberikan wawasan pada mahasiswa, bahwa mereka diharapkan akan memiliki kemandirian saat lulus. Tidak hanya siap bekerja, namun juga siap membuka lapangan kerja.

Melalui penandatanganan tersebut, diharapkan akan ada pembinaan wirausahawan muda di lingkungan kampus, tidak sekedar dari dosen namun juga praktisi. Kerjasama tersebut sekaligus juga merupakan upaya mewujudkan branding Solo. Bagaimana Solo ke depan menjadi lebih baik, inilah saatnya bagi UNS dan HIPMI mewujudkan branding Solo bersama-sama. HIPMI juga berharap dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman tersebut, potensi kewirausahaan yang sudah ada pada mahasiswa dapat disinergikan bersama.

HIPMI sebelumnya telah mengadakan pelatihan kewirausahaan di sejumlah fakultas termasuk Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UNS. Sebagai catatan penting dari penandatanganan nota kesepahaman tersebut, di antaranya adalah pengembangan sumber daya manusia sesuai visi dan misi UNS maupun HIPMI.

(Bag. SI UNS).