ILMU KOMUNIKASI FISIP UNS GELAR WORKSHOP

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS menyelenggarakan kegiatan “Workshop Melukis Batik di Atas Kaca” dengan tema: “Kreatif dengan Batik” yang akan digelar pada hari Minggu, 29 Mei 2011 mulai pukul 07.30 WIB bertempat di Joglo Sriwedari Solo.

Workshop Melukis Batik di Atas Kaca merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan guna memberi pendidikan tentang bagaimana membatik pada media kaca (salah satu bentuk media lukis yang berbeda dengan media biasanya). Terobosan pemanfaatan media membatik berupa kaca yang masih jarang digunakan ini dijadikan sebuah inovasi kreasi batik yang di kemudian hari diharapkan dapat menjadi sebuah varian baru dalam karya batik. Konsep utama kegiatannya adalah memberikan kesempatan kepada para generasi muda usia SMP dan SMA sederajat se-Surakarta untuk mengikuti workshop sekaligus praktik membatik di atas kaca, hasil karya dari para peserta tersebut akan dilombakan.

Peserta dibagi dalam 2 (dua) kategori besar berdasarkan umur, yaitu:

  • Kategori A (13-15 tahun): diperuntukkan bagi siswa SMP sederajat
  • Kategori B (16-18 tahun): diperuntukkan bagi SMA sederajat.

Pembagian kategori dimaksudkan untuk mempermudah juri dalam memberi nilai pada hasil karya yang dihasilkan oleh peserta.

Kegiatan workshop berupa:

  1. Pemahaman tentang sejarah batik
  2. Pengenalan media baru dalam membatik yaitu kaca
  3. Praktik membatik di atas kaca: diawali oleh instruktur memberikan contoh membatik di atas kaca, dan diikuti seluruh peserta untuk mempraktekkannya.

Disela-sela acara disuguhkan berbagai performance hiburan berupa penampilan tari-tarian, musik tradisional Jawa serta hiburan lain yang masih bernuansa Jawa.

Tujuan workshop adalah untuk:

  1. mengundang banyak minat terutama para remaja yang gemar melukis, dengan memanfaatkan media kaca sebagai varian terbaru sebagai media membatik
  2. menyalurkan bakat para remaja untuk diajak lebih dekat dan berkreasi dengan batik.

(Bagian Kemahasiswaan UNS).