JURUSAN SASTRA ARAB UNS ADAKAN SEMINAR NASIONAL

Bagi negara-negara Timur Tengah, perubahan tampuk kepemimpinan yang terjadi pasca revolusi membuat hubungan antar negara juga mengalami perubahan. Banyak hal yang mendasari perubahan tersebut, mulai urusan politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, dan ideologi. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, negara-negara Timur Tengah sedang menyusun dan merevisi draft kerjasama antar negara.

Dilatarbelakangi adanya perubahan hubungan antar negara tersebut, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS menganggap penting dan perlu untuk mengadakan Seminar Nasional (SEMNAS) tentang kondisi dan dampak revolusi Timur Tengah terhadap perubahan dunia ke depan. Dalam SEMNAS ini diharapkan para peserta akan memperoleh informasi yang aktual dan terpercaya dari beberapa nara sumber yang berkompeten dalam bidangnya, dan mampu memahami apa yang terjadi dan akan terjadi dalam perubahan tata dunia baru nanti.

SEMNAS akan diselenggarakan pada hari Kamis, 5 Mei 2011 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Seminar Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS (Gedung 3 lantai 2), dengan tema  “Dampak Revolusi Timur Tengah Terhadap Perubahan Dunia”, dan sub tema: Perubahan di bidang politik; Perubahan di bidang ekonomi; Perubahan di bidang sosial budaya.

Nara sumber yang akan hadir dalam SEMNAS adalah:

  1. Dr. Siti Muti’ah Setiawati, M.A. (Dosen HI FISIP UGM)
  2. H. Sidqon Maesur, Lc.,M.A. (Mantan tenaga Ahli Asing Kementerian Penerangan Republik Arab Mesir)
  3. Mahmud Hamzawi Fahim Usman, Lc., M.A. (warga Negara Mesir, alumni Al Azhar  University dan Staf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

(Jurusan Sastra Arab FSSR UNS).