HITI DAN FAKULTAS PERTANIAN UNS GELAR SEMINAR NASIONAL

Isu hangat mengenai dampak dari erupsi gunung api, khususnya Gunung Merapi yang sudah lebih dari 2 bulan masih meninggalkan permasalahan dan pertanyaan mengenai perbaikan ataupun pencegahan bencana di kemudian hari. Sebagai upaya bersama untuk memberikan jawaban dari permasalahan dan pertanyaan yang muncul, dan masih dalam rangka Dies Natalis UNS ke-35, Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Seminar Nasional dan Satelitte Meeting dengan tema “Upaya Pemulihan Lahan Akibat Erupsi Gunungapi”.

Seminar akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Selasa-Rabu, 26-27 April 2011

Waktu : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat : Fakultas Pertanian UNS

Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta.

Pembicara yang akan hadir adalah:

  1. Dr. Ir. Surono, M.Sc. (Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) dengan topik “Dampak Erupsi Gunung api Terhadap Karakteristik Lahan di Indonesia”
  2. Dr. Sc. Agr. Rahayu, S.P, M.P. (Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS) dengan topik “Rehabilitasi Lahan Pasca Erupsi Gunungapi”
  3. Dr. Ir. Didiek Hadjar Goenadi, M.Sc.APU. (Litbang Kementerian Pertanian) dengan topik “Bioremediasi Lahan Pasca Erupsi Gunungapi”.

Tujuan seminar nasional ini adalah:

  1. untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai upaya pemulihan lahan akibat erupsi gunungapi
  2. membahas berbagai alternatif masukan pemulihan dan pengelolaan lahan akibat erupsi gunungapi yang optimal, efisien dan lestari terutama dari sisi Ilmu Tanah
  3. menyusun konsep pengelolaan lahan akibat erupsi gunungapi yang dapat di-diseminasi dan direplikasi ke daerah lain
  4. mempererat tali silaturahmi antar sesama pemerhati Ilmu Tanah.

Informasi lebih lanjut tentang seminar dapat meng-unjungi alamat website http://semnashiti2011.uns.ac.id atau contact person:

  1. Dwi Priyo Ariyanto, S.P, M.Sc. (08156708076)
  2. Komariah, STP, M.Sc, PhD. (085743648189)
  3. Dr. M. Nurcholis, M.Agr. (0813927174171).

(Fakultas Pertanian UNS).