60 MAHASISWA UNS DAPAT HIBAH Rp 750 JUTA

Sebanyak 60 mahasiswa UNS terpilih untuk mendapatkan dana hibah untuk modal wirausaha sebesar Rp 750 juta. Dana ini diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang sudah dirintis oleh mahasiswa, dengan harapan untuk kemudian dapat berkembang menjadi wirausaha mandiri.

Pembantu Rektor III, Drs. Dwi Tiyanto, S.U. menyampaikan bahwa mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan dana DIPA (Daftar Isian Penggunaan Anggaran) Ditjen Dikti Kemendiknas tersebut lebih dari 700 mahasiswa. Setelah diseleksi terpilihlah 60 mahasiswa yang memang sudah memiliki usaha dan sudah berjalan, dalam artian usaha yang dirintis itu bisa berkembang dan manambah karyawan. Salah satu yang dicontohkan adalah Rohmat mahasiswa FISIP UNS yang memiliki usaha souvenir, sekarang sudah memiliki karyawan 10 orang. Omset usahanya mencapai puluhan juta rupiah. Sekarang Rohmat menjadi salah satu instruktur yang dipilih Kemendiknas untuk memotivasi para mahasiswa di Indonesia untuk tergerak menjadi wira usaha.

Mereka yang terpilih mendapatkan dana hibah, di samping mendapatkan suntikan dana masing-masing Rp 10 juta, juga mendapatkan pelatihan wirausaha tentang manajemen, pemasaran dan lainnya sehingga usahanya dapat lebih berkembang. Program pemberian dana hibah ini sangat penting dan diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga ketika lulus mahasiswa tidak sekedar mencari kerja, namun justru menciptakan peluang kerja.

Tahun 2011 program ini sedianya akan dihentikan, namun karena dari hasil evaluasi program ini berjalan cukup bagus, maka dibuka lagi meskipun dananya agak berkurang. Jika ke depan program ini dihentikan, diharapkan oleh PR III UNS, hendaknya universitas bisa menyediakan dana untuk program wirausaha tersebut sebagaimana telah dilakukan di beberapa universita yang lain.

(Bagian Sistem Informasi UNS).