FAKULTAS KEDOKTERAN UNS GELAR SEMINAR NASIONAL

Dalam rangka Dies Natalis UNS ke XXXV, Fakultas Kedokteran UNS akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Reorganisasi dan Revitalisasi Puskesmas di Era Desentralisasi Dalam Rangka Mencapai Tujuan Indonesia Sehat dan MDGs (Millenium Development Goals)”. Seminar nasional akan digelar pada:

Hari/tanggal : Selasa, 26 April 2011

Jam : 07.00 – 17.00 WIB

Tempat : Aula FKIP Gedung Ungu UNS.

Pemakalah Utama yang akan hadir adalah:

  1. Dr. Abidinsyah Siregar,.MD., DHSM (Kepala Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif, dan Komplementer Kementerian Kesehatan RI) dengan topik “Reaktualisasi dan Implementasi Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat di Era Desentralisasi”
  2. Prof. Dr. Anies, M.Kes, dr., PKK (Direktur Program Pasca Sarjana UNDIP/Staf Bagian IKM FK) dengan topik “Organisasi dan Manajemen Layanan Kesehatan Publik di Era Desentralisasi”
  3. Prof. Dr. Hari Kusnanto (Guru Besar Manajemen Kesehatan UGM) dengan topik “Kepemimpinan Organisasi Layanan Kesehatan Publik di Era Desentralisasi”
  4. Prof. Dr. H. AA. Subiyanto, dr., MS. (Dekan Fakultas Kedokteran UNS) dengan topik “Promosi Kesehatan Sebagai Program Kesehatan Prioritas di Era Desentralisasi”
  5. Prof. Dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, PhD (Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNS) dengan topik “Asuransi Kesehatan Berpola Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat di Era Desentralisasi”.

Pemakalah pendamping yang akan hadir adalah:

  1. Prof. Dr. Totok Mardikanto, M.S. (Ketua Prodi S-3 Pemberdayaan Masyarakat UNS) dengan topik “Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan di Era Desentralisasi”
  2. Dr. Widodo Muktiyo, S.E., M.Com (Kepala Humas dan Kerjasama UNS) dengan topik “Komunikasi Pembangunan Kesehatan Berbasis Sosial Budaya di Era Desentralisasi”
  3. dr. H. Endang Sutisna Sulaeman, M.Kes (Staf Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNS) dengan topik “Manajemen Puskesmas di Era Desentralisasi”
  4. Dr. Diffah Hanim, MSc (Staf Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNS) dengan topik “Reaktualisasi Program Penanggulangan Gizi Buruk Balita di Era Desentralisasi”.

Tujuan penyelenggaraan seminar adalah:

  1. memberi pencandraan, pencerahan, dan menggugah kembali akan pentingnya Revitalisasi Manajemen Puskesmas di Era Desentralisasi untuk pencapaian tujuan Puskesmas dalam rangka pencapaian sasaran MDGs
  2. memberikan masukan dalam merumuskan kebijakan dan strategi Puskesmas di Era Desentralisasi
  3. memberikan sumbangan pemikiran untuk melakukan reorganisasi dan revitalisasi Manajemen Puskesmas dan reaktualisasi program Puskesmas di Era Desentralisasi
  4. meningkatkan peran UNS sebagai Perguruan Tinggi dalam pengembangan ilmu dan pengabdian masyarakat.

(Fakultas Kedokteran UNS).