PROGRAM ACADEMIC RECHARGING (PAR) TAHUN ANGGARAN 2011

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali menawarkan Program Academic Recharging (PAR) untuk tahun anggaran 2011 sebagai upaya meningkatkan kualifikasi akademik bagi para dosen tetap (guru besar dan/atau Doktor) di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia. Melalui program ini diharapkan para dosen senior maupun guru besar yang sudah lama melakukan tugas-tugas rutinnya memiliki kesempatan untuk menyegarkan kembali (recharging) keilmuan, kualifikasi akademik dan motivasinya melalui pengiriman singkat ke berbagai perguruan tinggi atau institusi penelitian di luar negeri.

PAR terdiri dari 2 (dua) kategori, yaitu:

  1. Program PAR-B, diperuntukkan bagi dosen senior yang akan melakukan penyegaran keilmuan di perguruan tinggi luar negeri selama maksimum 4 bulan
  2. Program PAR-C, diperuntukkan bagi dosen yunior bergelar doktor yang akan melakukan kegiatan kerjasama penelitian dengan mitra luar negerinya selama maksimum 4 bulan. Di samping itu, mulai tahun ini diprioritaskan bagi dosen yang ditugaskan sebagai panitia dalam forum internasional (ASEM, ASIA, atau organisasi internasional di bawah PBB misalnya: UNESCO, UNICEF, dll) ataupun sebagai dosen tamu bahasa Indonesia atau budaya Indonesia di Luar Negeri dalam jangka waktu 2-4 bulan.

Syarat umum pendaftaran Program PAR antara lain:

  1. Jabatan Akademik minimal Lektor
  2. Surat ijin dari pimpinan perguruan tinggi
  3. Surat rekomendasi dari atasan langsung
  4. Tidak sedang menjabat dalam jabatan struktural perguruan tinggi
  5. LoA atau invitation letter dari perguruan tinggi atau institusi penelitian luar negeri yang dituju
  6. Program kerja/penelitian yang dilakukan
  7. Mengisi Form PAR dari Ditjen Pendidikan Tinggi (di-download dari http://beasiswa.dikti.go.id)
  8. Melampirkan biodata
  9. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris minimal setara dengan TOEFL 550 atau IELTS 6,0 bagi mereka yang bukan lulusan PT luar negeri (English Speaking Country)
  10. Belum pernah mengikuti program PAR yang dilaksanakan oleh Dikti.

Tahapan seleksi diawali dengan seleksi administrasi, dan bagi calon yang lolos akan diundang untuk mempresentasikan rencana kerjanya (dalam Bahasa Inggris) sebagai bagian dari proses seleksi. Untuk komponen biaya yang diberikan adalah:

  1. biaya hidup (standar Dikti)
  2. biaya buku (standar Dikti)
  3. asuransi kesehatan (at cost)
  4. Institutional/bench fee hanya untuk PAR-C dengan standar Dikti (bilamana sangat diperlukan dan diminta oleh institusi host)
  5. perjalanan dengan pesawat pp kelas ekonomi (at cost).

Seluruh berkas lamaran dikirim paling lambat 31 April 2011 ke alamat:

Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan,

Ditjen Pendidikan Tinggi Gedung D Lantai 5,

Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan Jakarta.

Keberangkatan dan pelaksanaan Program Academic Recharging (PAR) dilaksanakan sekitar bulan Agustus/September 2011. Setiap peserta program wajib menyampaikan hasil pelaksanaan program dimaksud kepada Dit. PTK Ditjen Dikti 2 (dua) minggu setelah kepulangan.

(Bagian Kerjasama UNS).