HIMAGRON BERSAMA RUMAH ZAKAT BAGI 600 BIBIT CABAI

HIMAGRON (Himpunan Mahasiswa Agronomi) Fakultas Pertanian UNS bekerja sama dengan Rumah Zakat menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pada tanggal 20 Februari 2011 berupa bagi-bagi bibit cabai kepada masyarakat di Kelurahan Sumber Kec. Jebres, Surakarta. Pembagian sebanyak 600 bibit cabai yang diproduksi oleh pengurus HIMAGRON diberikan secara gratis kepada masyarakat, yang penyampaiannya dibantu oleh anak asuh dari Rumah Zakat.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan, sambutan dari Direktur Rumah Zakat serta Kepala Desa, dilanjutkan pemaparan materi terkait dengan perawatan bibit cabai dan sosialisasi sistem tanam vertikultur disampaikan oleh Hendrik Khomarudin selaku Ketua Umum HIMAGRON 2010-2011. Hadir dalam kegiatan tersebut: perangkat desa, pengelola Rumah Zakat, pengurus HIMAGRON, masyarakat setempat, dan adik asuh. Peserta antusias sekali memperhatikan materi yang disampaikan, dikarenakan sistem vertikultur ini sangat cocok untuk diterapkan di lahan yang sempit sesuai dengan kondisi masyarakat setempat. Walaupun di lahan yang sempit, sistem ini dapat memberikan hasil yang cukup banyak. Forum diskusi ini berjalan sangat interaktif, banyak pertanyaan yang disampaikan para peserta.

Penyerahan secara simbolis bibit cabai dari HIMAGRON dan Rumah Zakat disampaikan kepada Kepala Desa Sumber, dilanjutkan pembagian bibit cabai yang dilakukan serentak oleh Adik-adik asuh Rumah Zakat yang dibentuk kelompok-kelompok dengan berkeliling dari rumah ke rumah warga. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat karena dapat menanam sendiri tanaman cabai tanpa harus membeli ke pasar. Melihat harga cabai yang melambung tinggi, masyarakat tidak lagi kebingungan karena dapat memetik sendiri di pekarangan rumah. Selain itu juga dapat menimbulkan kreativitas warga untuk dapat lebih berkembang dan tidak terlalu bergantung dengan yang lain.

(Humas HIMAGRON UNS).