PPKwu ADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN BISNIS

Pusat Pengembangan Kewirausahaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPKwu LPPM) Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan “Pelatihan Manajemen Bisnis Bagi Usaha Kecil Menengah Dalam Rangka Peningkatan dan Pengembangan Usaha se-eks Karesidenan Surakarta”. Kegiatan akan berlangsung pada tanggal 15-18 Maret 2011 di Aula Gedung LPPM UNS Lantai 1, yang akan dihadiri oleh Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Peserta pelatihan manajemen bisnis akan mendapatkan materi-materi mengenai bagaimana membangun jaringan permodalan, membangun jaringan pemasaran, dan inovasi teknologi kuliner. Pelatihan ini menghadirkan praktisi-praktisi yang berkompeten dalam bidangnya, antara lain praktisi dari Bank BTN dan PT. Heinz ABC Indonesia.

Selain disuguhi teori mengenai manajemen bisnis kuliner, peserta juga diikutsertakan dalam praktek-praktek pembuatan aneka makanan yang merupakan makanan-makanan khas produk Kota Solo. Untuk lebih mengenal perkembangan bisnis kuliner, peserta diajak untuk mengunjungi industri kuliner yang merupakan rekanan Pusat Pengembangan Kewirausahaan. Kunjungan direncanakan meliputi:

  1. Pabrik Roti Ganeps Solo
  2. TPS Food Sragen
  3. Gita Packing Solo.

Hasil dari penyelenggaraan pelatihan diharapkan makin banyak wirausaha baru yang bermunculan, terutama di kalangan mahasiswa, sehingga lapangan kerja baru akan semakin terbuka lebar bagi masyarakat.

(PPKwu LPPM UNS).