SEMINAR INTERNASIONAL MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM PERSPEKTIF GLOBAL

Program Studi Pendidikan Luar Biasa dan Program Doktor pada Program Studi Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) LPPM UNS akan menggelar Seminar Internasional “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Global” dalam rangka Dies Natalis UNS ke-35 dengan tema “Akselerasi Universitas Sebelas Maret Menuju World Class University”.

Seminar internasional akan digelar pada hari Sabtu, 19 Maret 2011 pukul 08.00 – 15.00 WIB bertempat di Aula Gedung F/ Gedung Ungu FKIP UNS; Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta. Nara sumber yang akan hadir adalah:

  1. Dr. Triyadi (Direktur PPKLK Dikmen Kemendiknas) dengan materi “Kebijakan Pemerintah Bidang Pendidikan Khusus dalam Perspektif Global”
  2. Prof. Madya Dr. Abdull Sukor Shaari (Universitas Utara Malaysia) dengan materi “Pembangunan Karakter dalam Bidang Pendidikan Luar Biasa”
  3. Silvana Faillace, M.Sc, M.PH (Helen Keller International) dengan materi “Peran Organisasi Non Pemerintah dalam Mengembangkan Pendidikan Inklusif di Indonesia”
  4. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. dengan materi “Pentingnya Pendidikan Inklusif dalam Membangun Karakter Bangsa Berwawasan Global”.

Untuk memberikan kesempatan/wadah bagi pengembangan ide/gagasan, sharing pengalaman di lapangan, atau hasil penelitian dari praktisi dan akademisi (terkait dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi maupun layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dari berbagai macam pendekatan), maka panitia menerima artikel ilmiah yang terkait dengan tema-tema berikut:

  1. Hukum/Kebijakan Layanan ABK
  2. Pendidikan dan Psikologi ABK
  3. Olahraga dan Kesehatan ABK
  4. Teknologi/Aksesibilitas ABK
  5. Pemberdayaan Keluarga dan masyarakat untuk ABK
  6. Strategi Pembelajaran dan Manajemen Pendidikan.

Artikel-artikel ilmiah tersebut tidak dipresentasikan tetapi diikutsertakan dalam kegiatan Pelatihan/Pendampingan Penulisan artikel Ilmiah untuk Jurnal. Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Internasional/Proceeding ditulis dalam Bahasa Inggris, sedangkan artikel ilmiah untuk Jurnal Nasional ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. artikel ilmiah harus memuat: judul, abstrak (harus ditulis dalam Bahasa Inggris, spasi 1), pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka
  2. Font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5
  3. naskah artikel ilmiah dikirim via email sebelum tanggal 16 Maret 2011 ke: pprr_uns@yahoo.com.

Tujuan seminar internasional adalah:

  1. mensosialisasikan Pendidikan Khusus dalam konteks nasional dan internasional
  2. mengekplorasi pemikiran-pemikiran dalam rangka akselerasi pengembangan pendidikan luar biasa berwawasan global
  3. menghimpun karya tulis yang dipersiapkan dalam penerbitan/jurnal baik nasional maupun internasional.

Peserta seminar internasional ini adalah:

  1. tenaga pendidik (dosen dan guru)
  2. tenaga kependidikan (kepala sekolah, pengawas, pustakawan, laboran)
  3. mahasiswa S-1, S-2 dan S-3
  4. pemerhati pendidikan
  5. masyarakat umum.

Pendaftaran peserta tanggal 10 Pebruari s.d. 18 Maret 2011 dengan ketentuan apabila sebelum batas waktu jumlah peserta telah memenuhi target maka pendaftaran akan ditutup. Pendaftaran secara langsung dapat dilakukan di:

  • Sekretariat 1 Ruang PPRR Lantai II Gedung LPPM UNS
  • Sekretariat 2 Prodi PLBGedung E FKIP UNS; Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi email: pprr_uns@yahoo.com;

fax. (0271) 632368;

contact person: Menik (0817259942); Anwar (085642230034); Ismayati (0818341963).

(Prodi PLB Fakultas KIP UNS).