TAWARAN BEASISWA PEMERINTAH IRAN

Memperhatikan surat Direktur Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor: 94/D4.4/2011 tanggal 08 Januari 2011 perihal Tawaran Beasiswa Pemerintah Iran, diinformasikan bahwa dalam rangka Program Pertukaran Budaya antara Iran dan Indonesia serta untuk memperluas kerjasama bidang akademis dan ilmu pengetahuan antara kedua negara melalui Kedutaan Besar Republik Islam Iran menawarkan beasiswa untuk warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke berbagai universitas di Iran.

Persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa adalah:

  1. Pelamar S-1: usia maksimum 20 tahun dengan minimum GPA/IPK 7 (skala 1:10)
  2. Pelamar S-2: usia maksimum 25 tahun dengan minimum GPA/IPK 3.00 (skala 1:4)
  3. Pelamar S-3: usia maksimum 28 tahun dengan minimum GPA/IPK 3.00 (skala 1:4)
  4. Prioritas bidang studi adalah Sastra Persia, Bahasa Persia, Kajian Iran dan Studi Islam
  5. Prioritas untuk tahun 2011 dan 2012 adalah untuk program Master dan Doktor
  6. Para pelamar harus mengumpulkan copy Paspor yang masih berlaku dan sertifikat/ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta
  7. Dokumen harus diserahkan 6 (enam) bulan sebelum dimulainya tahun akademik baru
  8. Bagi pelamar yang telah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Republik Islam Iran, maka untuk yang kedua kalinya hanya diperkenankan mendapatkan beasiswa tanpa biaya hidup bulanan dan biaya lainnya
  9. Bagi pelamar yang telah mendaftarkan diri di Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Republik Islam Iran dan tidak diterima oleh Dewan Beasiswa tidak diizinkan untuk mengajukan lamaran lagi.

Setelah registrasi dan menerima beasiswa, Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Republik Islam Iran akan segera menerbitkan visa dan mengirimkan surat resmi sebagai undangan. Dengan demikian, sebelum menerima surat pemberitahuan resmi dan visa pelajar, Kementerian Iptek tidak memiliki tanggung jawab apapun terhadap pelamar. Bagian Urusan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta akan memberikan rekomendasi kepada berbagai universitas di Iran setelah melakukan review dan menyetujui dokumen-dokumen pelamar yang telah dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Kantor Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta di nomor telp. +6221 390 24 29.

(Bagian Kerjasama UNS).