HASIL PEMILIHAN REKTOR UNS PERIODE 2011-2015

Tiga tahapan pemilihan calon rektor UNS periode 2011-2015 telah terlaksana dengan baik dan lancar, yaitu: Tahap Penjaringan, Penyaringan dan Pemilihan. Tahap Pemilihan sebagai tahapan terakhir dari seluruh proses pemilihan, dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Januari 2011, bertempat di Ruang Sidang Senat Kantor Pusat UNS. Tahap Pemilihan tersebut dilaksanakan melalui Sidang Senat tertutup dengan acara tunggal “Pemilihan Rektor UNS Periode 2011-2015”.

Proses pemilihan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 24 Tahun 2010. Anggota Senat UNS berjumlah 130 orang (65% dari total suara), 35 % selebihnya adalah suara Mendiknas (setara dengan 70 suara). Pada saat pemilihan 2 orang anggota Senat tidak hadir sehingga jumlah suara secara keseluruhan berjumlah 198.

Hasil perolehan suara untuk masing-masing kandidat adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. memperoleh 109 suara
  2. Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd memperoleh 48 suara
  3. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H, M.H memperoleh 40 suara, dan terdapat 1 suara abstain.

Seusai sidang pleno Senat, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. selaku kandidat rektor terpilih menyatakan ingin membawa UNS sebagai universitas berkelas dunia (World Class University) yang dasar-dasarnya telah diletakkan oleh Rektor yang sekarang, Prof. Dr. Much. Syamsulhadi, dr, Sp.KJ (K). Oleh karena itu langkah yang akan ditempuh adalah akselerasi atau percepatan dan juga transformasi yang diikuti dengan revitalisasi.

Untuk langkah akselerasi salah satunya adalah dengan memperbaiki mindset masyarakat di UNS, yakni para dosen, karyawan dan mahasiswa untuk lebih terbuka dan mengarah bagi kemajuan UNS.

(Bag. SI UNS).