GREEN FAIR UNS 2010

Rangkaian kegiatan Green Fair 2010 merupakan agenda Deputi Lingkungan Hidup BEM FMIPA UNS yang berasal dari kegiatan Green Movement Discussion, Environ-ment Public Discussion dan Goes to Campus by Cycle. Rangkaian Green Fair UNS 2010 berlangsung dari tanggal 26-28 November 2010 di Auditorium UNS dan Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Beberapa kegiatan di Green Fair UNS 2010 yaitu:

  1. Green Carnival;
  2. Talkshow “Green-Lifestyle”;
  3. Expo Lingkungan;
  4. Workshop “Pemberdayaan Sampah”;
  5. Environment Public Discussion;
  6. Konferensi Eco-Campus Movement
  7. Fun WalkCar Free Day in Solo City”.

Tujuan utama dari kegiatan Green Fair UNS 2010 ini yaitu mewujudkan gaya hidup ramah lingkungan di tingkat universitas dan secara umum bagi masyarakat di Kota Surakarta. Diharapkan dari kegiatan ini akan diperoleh hasil, yaitu terciptanya masyarakat Kota Surakarta yang peduli lingkungan, mahasiswa dan siswa sebagai agent of change, dan beberapa perusahaan atau instansi yang peduli dan mau mengabdi kepada lingkungan. Rangkaian Green Fair UNS 2010 diikuti oleh kurang lebih 450 orang mahasiswa dari perwakilan beberapa Universitas di Pulau Jawa-Bali dan 100 orang dari siswa SMA di Kota Surakarta, LSM, Instansi dan Komunitas sebanyak 50 orang. Secara keseluruhan peserta dalam kegiatan ini kurang lebih berjumlah 600 orang.

Berkenan hadir dalam kegiatan ini Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dan Bapak Walikota Kota Surakarta yang menyampaikan isu-isu terkait dengan adanya perubahan iklim dan peran kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Surakarta dalam berupaya memper-baiki kualitas lingkungan dengan berbagai aktivitas peduli lingkungan yang sebetulnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Green Fair UNS 2010 diselenggarakan secara bersama oleh 3 lembaga besar, yaitu BEM FMIPA UNS, Ganesha Hijau ITB dan Garuda Youth Community. Penyelenggaraan Kegiatan ini juga bekerjasama secara langsung dengan Pemerintah Kota Surakarta, Ikatan Ahli Lingkungan Hidup Indonesia, Dirjen Dikti Kemdiknas, Kementerian Lingkungan Hidup, dan beberapa instansi atau lembaga yang mendukung terhadap penerapan pola gaya hidup ramah lingkungan.

(BEM FMIPA UNS).