PRODI PPKN FKIP UNS GELAR KOMPETISI MAHASISWA BERPRESTASI

Untuk menjaring bakat, minat dan kemampuan mahasiswa perlu adanya fasilitasi bagi mereka dengan diadakannya berbagai ajang kompetisi. Untuk tujuan tersebut, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menyelenggarakan Kompetisi Mahasiswa Berprestasi dalam bidang olahraga, seni dan ilmiah yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari masing-masing angkatan Prodi PPKn FKIP UNS.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 29 November 2010 bertempat di Aula Gedung Ungu FKIP UNS. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 macam kompetisi yaitu olahraga, seni dan ilmiah. Kompetisi Olahraga melombakan satu jenis olahraga, yaitu Futsal putra dan putri yang dilaksanakan di Bengawan Sport Center pada tanggal 27 November 2010 dan diikuti oleh 97 peserta lomba dari perwakilan mahasiswa kategori putra dan putri dari masing-masing angkatan. Untuk kompetisi yang bersifat Ilmiah dikemas dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan peserta dari setiap angkatan mengirimkan perwakilannya sebanyak 2 tim untuk membuat Proposal PKM baik jenis Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kemasyarakatan (PKMM), Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKMP), Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Gagasan Tertulis (PKMGT), maupun Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK). Adapun untuk kompetisi dalam bidang seni dikemas dalam bentuk lomba menyanyi dengan membawakan lagu wajib “Laskar Pelangi” yang dipopulerkan oleh Nidji Band untuk peserta putra dan lagu “Bunda” yang dipopulerkan oleh Potret untuk peserta putri. Lomba menyanyi ini diikuti oleh sekitar 16 mahasiswa perwakilan dari masing-masing angkatan.

Ikut hadir memeriahkan kompetisi tersebut adalah para dosen, dan seluruh mahasiswa Prodi PPKn. Kegiatan ini diharapkan sebagai point plus untuk Prodi PPKn dalam meningkatan kualitas kinerjanya di bidang kemahasiswaan dan pendidikan, di samping sebagai media refreshing untuk melepas kepenatan dari rutinitas perkuliahan. Dari hasil kompetisi keluar sebagai juara adalah sbb.:

Untuk lomba Futsal Kelompok Putra Juara I adalah mahasiswa Angkatan 2006; Juara II mahasiswa Angkatan 2008; Kelompok Putri Juara I mahasiswi angkatan 2010, dan Juara II mahasiswi angkatan 2008.

Lomba PKM Juara I dimenangkan mahasiswa Angkatan 2008; Juara II mahasiswa Angkatan 2007; dan Juara III mahasiswa Angkatan 2009.

Untuk Lomba Menyanyi Juara I Sdr. Titis (mahasiswi Smt. III Angkatan 2009); Juara II Sdr. Destiyana (mahasiswi Smt. VII Angkatan 2007); Juara III Sdr. Dwi Rostanti (mahasiswi Smt. III Angkatan 2009.

(Prodi PPKn FKIP UNS).