FMIPA UNS SELENGGARAKAN KULIAH UMUM

Pada hari Senin, 29 Desember 2010 Fakultas MIPA mengundang Dr. Setiyanto, M.Sc. (Kepala PTRKN BATAN) untuk memberikan kuliah umum yang diikuti oleh mahasiswa FMIPA dan juga dosen-dosen yang berminat di bidang teknologi nuklir. Judul yang disampaikan dalam kuliah umum tersebut adalah “Peranan Ilmu Dasar Pada Pengembangan dan Aplikasi Iptek Nuklir Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Dalam kuliahnya Setiyanto menjelaskan tentang peranan ilmu dasar dalam pengembangan  teknologi nuklir. Dijelaskan pula tentang keterkaitan hasil litbang nuklir dengan keilmuan terkait yang mencakup disiplin ilmu fisika, kimia, biologi, matematika, informatika, instrumentasi, teknologi reaktor, konversi energi, ilmu bahan, lingkungan, kesehatan serta bidang lain yang menunjang peningkatan peran iptek nuklir tersebut untuk kesejahteraan masyarakat. Ditambahkan bahwa hasil litbang yang berkaitan dengan iptek nuklir pada masa yang akan datang diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan iptek non energi seperti bidang pertanian, peternakan, kesehatan, dan bidang energi yang ramah lingkungan. Dengan demikian, bangsa ini akan setapak lebih maju.

Dalam sambutannya Pembantu Dekan I FMIPA UNS,  Ir. Ari Handono Ramelan, MSc., PhD. Mengungkapkan bahwa tujuan kuliah umum ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa dan dosen tentang teknologi nuklir. Selain itu diharapkan adanya diseminasi hasil iptek nuklir kepada sivitas akademika dan masyarakat umum. Kesan masyarakat yang selama ini masih negatif terhadap nuklir, perlu lebih difahamkan bahwa iptek nuklir dapat mensejahterakan masyarakat sehingga hasil litbang dapat digulirkan kepada masyarakat. Agar hasil litbang iptek nuklir dan bidang keilmuan terkait dapat dimanfaatkan secara luas dan lebih kompetitif daripada hasil iptek lainnya, maka hasil litbang tersebut terus menerus perlu dikomunikasikan, antara lain melalui jalinan kerja sama dengan perguruan tinggi.

Sejak ditandatangani MoU antara UNS dan BATAN pada tahun 2005, implementasi hasil kerja sama yang telah dilakukan antara lain: kolaborasi riset, pelaksanaan seminar bersama, pengiriman mahasiswa UNS untuk magang dan penelitian, serta yang terakhir ini di tahun 2010 adalah diseminasi padi Mira-1 produksi BATAN oleh UNS bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar.

(Humas FMIPA UNS).