FSSR HELAT “TRADITIONAL PERFORMING ART ON CAMPUS”

Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret (UNS-Solo) berencana membangun Pusat Studi Budaya, yang akan dipusatkan di Argo Budoyo. Terkait hal tersebut, FSSR menghelat “Traditional Performing Art on Campus (TPAC)’ di Argo Budoyo UNS pada hari Kamis, 18 November 2010.

TPAC merupakan sebuah usaha penggalian daya cipta intelektual masa lalu yang masih relevan dengan perkembangan jaman. Event TPAC adalah wadah sebagai ruang gerak seni budaya dan kearifan lokal unggulan untuk memperkokoh jati diri bangsa berdasarkan Pancasila yang saat ini dirasakan tenggelam dalam wacana kehidupan berbangsa.

Pembina acara TPAC yang juga pengelola Argo Budoyo UNS, Sahid Teguh Widodo, SS.,MHum. menjelaskan bahwa di Solo terdapat pusat-pusat kesenian, seperti Keraton, Institut Seni Indonesia (ISI), dan UNS yang peduli terhadap budaya. Tempat-tempat tersebut biasa disebut sebagai segitiga seni di Solo. Jadi, pasca kegiatan Renaissance Budaya Nusantara yang telah dihelat FSSR lalu, Argo Budoyo yang berupa panggung terbuka tersebut menjadi pusat studi budaya sampai pada tataran pragmatik. Karena itu, pada 2011 di panggung terbuka yang berlokasi di depan Fakultas Pertanian UNS tersebut akan dibuat agenda pementasan secara rutin tiap bulannya. Jadi, Argo Budoyo akan menjadi laboratorium budaya untuk Solo dan UNS sendiri.

TPAC diisi dengan penampilan sejumlah seniman dari dalam maupun luar kota. Di antaranya, seniman dari Magelang yang menampilkan kuda lumping Ki Ageng Glego, kesenian keroncong dari Orkes Plasu Minimal (OPM) Solo, serta dolanan bocah dan tari klasik dari Metta Budaya. Juga, ada pementasan etnik musik Cycle, musik jazz oleh Fresh Tomato, Jatilan dari Turangga Seta, musik etnik kontemporer dari himpunan S-2 ISI, dan sebagainya.

Kegiatan TPAC tersebut bertujuan untuk:

  1. memberikan wadah dan ruang bagi penggalian kembali dan pengembangan budaya Jawa;
  2. sebagai ajang pertunjukan dan pementasan Budaya Jawa;
  3. menggiatkan kecintaan kepada budaya Jawa dengan mengenalkan kepada generasi muda secara umum dan secara khusus kepada pelanggan akademisi.

(FSSR UNS).