MACAPATAN MALAM PURNAMA SASTRA

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pandawa Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS telah mengadakan kegiatan ”Macapatan Malam Purnama Sastra” pada tanggal 9 November 2010 pada pukul 19.30 -23.00 WIB di Ruang Seminar Gedung III FSSR UNS.

Kegiatan Malam Purnama Sastra ini mengangkat tema “Generasi Muda yang Patriotik” dengan materi yang diangkat dari ”Serat Tripama” karya Mangkunegara IV. Sumber diambil dari ”Serat Tripama” karena serat ini menceritakan tentang kepahlawanan 3 (tiga) tokoh, yaitu Patih Suwanda, Adipati Karna dan Kumbakarna yang patut diteladani oleh kaum muda.

Selain macapatan, dalam acara ini terdapat juga sesi Medhar Sabda (penjabaran isi) ”Serat Tripama” oleh Suryono, mahasiswa Sastra Daerah UNS angkatan 2008 dan Rendra Agusta dari angkatan 2009. Acara ini dihadiri dan didukung oleh para dosen Sastra Daerah. Acara ini akan diselenggarakan secara rutin setiap satu bulan sekali. Diharapkan kegiatan macapatan ini dapat berkontribusi terhadap upaya melestarikan budaya Jawa khususnya bagi kaum muda.

(Sastra Daerah FSSR UNS).