MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNS RAIH JUARA I KOMPETISI RANCANG BANGUN TINGKAT NASIONAL

Pada tanggal 22-23 Oktober 2010 bertempat di Universitas Udayana Denpasar Bali, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) UNS mengikuti Kompetisi Rancang Bangun 2010 tingkat Nasional. Kompetisi tersebut diikuti berbagai Universitas di Indonesia antara lain: ITB, Universitas Hasanuddin, Universitas Udayana, Universitas Bina Nusantara, Universitas Sebelas Maret, dsb.

Lomba bertaraf nasional tersebut mewajibkan masing-masing peserta membuat karya yang kreatif untuk mengatasi berbagai masalah khususnya di bidang teknik sipil dan harus ada aplikasi nyata dalam konsep penyelesaian masalah tersebut. Kali ini HMS FT UNS berhasil mengikuti seleksi tahap pertama yaitu penyusunan proposal (yang kemudian diambil 10 besar). HMS FT UNS berhasil mendominasi dengan kontestan terbanyak yang lolos finalis 10 besar yaitu 4 tim dari jumlah total 10 tim. Persaingan di kompetisi tersebut cukup berat mengingat lomba ini bertaraf nasional dengan berbagai karya aplikatif yang cukup representatif untuk menyelesaikan berbagai masalah di Indonesia, seperti: banjir, gempa bumi, sampah, perumahan sehat, transportasi, redesain jalan RE. Martadinata yang ambles, bendung tahan gempa, sumur resapan virtual, dsb.

Tim UNS 2 (rekayasa) dengan mengambil topik karya “Mitigasi Gempa Menggunakan Detektor Gempa Sederhana Sistem Relay dengan Mengacu Struktur Dinamik” mampu meraih Juara I. Ide tersebut dimunculkan oleh salah satu anggota dengan mengingat:

  1. gempa bersifat tiba-tiba tanpa kita tahu kapan dan dimana terjadinya
  2. gempa umumnya terjadi malam hari.

Detektor gempa dirancang menggunakan pendekatan di struktur bangunan berupa translasi akibat gaya gempa, dan alat detektor tersebut merupakan mitigasi untuk mengurangi dampak primer dari bencana gempa bumi dan memberikan informasi kepada masyarakat agar selalu waspada akan bahaya gempa.

Tim UNS yang terdiri dari:

  1. Tatang Kukuh Wibawa (Teknik Sipil 2007)
  2. Ali Zakaria (Teknik Sipil 2007)
  3. Fitrianto (Teknik Mesin 2007).

Adapun rincian hasil akhir lomba adalah sebagai berikut:

  • Juara 1 diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta;
  • Juara 2 diraih oleh Binus University, Jakarta;
  • Juara 3 diraih oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung.

(HMS FT UNS).