HIMAGHITA FP UNS RAYAKAN HARI PANGAN SEDUNIA

Hari Pangan Sedunia mulai diperingati tanggal 16 Oktober 1981 oleh segenap anggota FAO, yang selanjutnya setiap tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Pangan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kehidupan manusia. Terjadinya krisis pangan dan kurangnya tingkat keamanan pangan merupakan hal yang sedang menjadi pokok bahasan di tingkat dunia saat ini. Di banyak tempat, khususnya di negara-negara berkembang, ketersediaan pangan tidak mencukupi sehingga masyarakatnya terancam oleh bahaya kelaparan seperti yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi pangan, Badan Semi Otonom (BSO) Pengabdian Masyarakat HIMAGHITA Fakultas Pertanian (FP) UNS mengadakan peringatan Hari Pangan Sedunia. Kegiatan ini dinamakan sebagai Sehari Moment Pangan Sedunia (SIMPANSE) yang dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2010 di desa mitra Koripan, Matesih, Karanganyar. Dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-30 tahun ini, tema kegiatan yang diambil yaitu “Optimalisasi Pangan Lokal sebagai Upaya Pemenuhan Pangan Masa Depan”, harapannya masyarakat Indonesia tidak terlalu menggantungkan diri pada beras yang selama ini menjadi makanan pokok mereka.

Bentuk kegiatan yang dilakukan dalam peringatan tersebut adalah sarasehan, lomba inovasi pangan dan lomba mewarnai. Semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah para penduduk desa mitra Koripan, Matesih, Karanganyar. Ketua panitia SIMPANSE, Reny Fajri P. (mahasiswa Jurusan IImu dan Teknologi Pangan FP UNS) mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan semboyan yang dipegang oleh kawan-kawan pengurus BSO Pengabdian Masyarakat HIMAGHITA FP UNS yaitu “Mangesthi Luhur Ambangun Desa”.

(Panitia SIMPANSE BSO Pengabdian Masyarakat HIMAGHITA).