LPPM UNS GELAR ROAD SHOW

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS menggelar kegiatan road show dan implementasi ke sejumlah lokasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada hari Selasa, 12 Oktober 2010.

Lokasi yang menjadi kunjungan LPPM antara lain:

  1. Fakultas Teknik UNS
  2. Dinas Pertanian Karanganyar
  3. Kecamatan Jatiyoso Karanganyar.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota LPPM UNS dan sejumlah insan pers dari berbagai media cetak. Menurut Wakil Ketua LPPM UNS (Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D.) road show dan kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau secara langsung hasil penelitian yang telah dilakukan oleh masing-masing lembaga dan kemudian mempublikasikannya kepada masyarakat.

Kunjungan di Jurusan Teknik Mesin UNS bertujuan melihat hasil pengembangan prototipe pembangkit listrik sistem hybrid tenaga gasifikasi dan biogas. Ini merupakan salah satu hasil penelitian yang dilakukan Fakultas Teknik UNS dan telah diikutsertakan pada kompetisi Dikti yang telah menelan dana sekitar Rp 87 juta. Lokasi kunjungan berikutnya adalah Dinas Pertanian Karanganyar yang telah menghasilkan penelitian berupa tanaman padi Mira dengan dana sekitar Rp 60 juta. Tanaman padi Mira adalah jenis padi tahan hama wereng dan merupakan hasil kerja sama antara Dinas Pertanian Karanganyar dan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan). Kemudian, lokasi kunjungan yang terakhir yakni di Kecamatan Jatiyoso Karanganyar yang telah mengembangkan komoditas Salak Lawu. Pengembangan Salak Lawu ini dilakukan di Kecamatan Jatiyoso sebagai upaya konservasi pada lahan rawan longsor. Langkah ini juga dilakukan sebagai model pemberdayaan petani di Kecamatan Jatiyoso pasca bencana tanah longsor yang melanda kawasan tersebut.

(Bagian Sistem Informasi UNS).