PRODI ITP ADAKAN PENGABDIAN: PENINGKATAN PRODUKSI KRIPIK

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian UNS mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan mengangkat judul “Introduksi Alat Pemisah Minyak untuk Meningkatkan Kualitas Produksi Kripik Jamur Tiram”. Pengabdian dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Oktober 2010 pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Dusun Dungbang Kulon, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian UNS dengan UKM Gong 2000, yang bergerak dalam bidang budidaya jamur tiram dan produksi kripik jamur tiram. Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu anggota PKK setempat.
Kegiatan pengabdian ditujukan untuk memperbaiki kualitas kripik jamur tiram  yang diproduksi masyarakat setempat, dikarenakan adanya keluhan dari masyarakat setempat terhadap kripik yang mereka produksi tidak renyah. Berdasarkan keluhan tersebut, maka tim pengabdian masyarakat Prodi ITP UNS mengidentifikasi bahwa permasalahan tersebut disebabkan karena minyak sisa penggorengan masih menempel pada kripik sehingga tim mengusulkan agar dilakukan introduksi alat pemisah minyak (spinner).
Tim pengabdian dipimpin oleh Lia Umi Khasanah, S.T., M.T. yang dibantu oleh beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian UNS (HIMAGHITA).
(Humas Fak. Pertanian UNS).